Kesehatan

Kenali Warna Ingus dan Artinya Bagi Kesehatan

SAAT hidung mulai keluar ingus alias pilek, Anda tentu tak bisa jauh-jauh dari tisu. Namun, saat dikeluarkan, warna ingus ternyata tidak bening. Pantas saja tubuh rasanya lebih tidak nyaman. Tahukah Anda mengapa demikian? Ternyata, beda warna ingus, beda pula artinya bagi kesehatan tubuh Anda.

Dikatakan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, warna ingus dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui diagnosis suatu penyakit. Bahkan, warna ingus juga bisa membantu menentukan jenis terapi yang untuk mengatasi penyakit yang mendasari.

Berikut adalah tiap warna ingus beserta artinya bagi kesehatan tubuh Anda:

Bening

Memiliki warna ingus bening berarti Anda tidak mengalami infeksi virus maupun bakteri. Ingus jenis ini terdiri atas air, protein, antibodi dan garam. Begitu mencapai perut, ingus akan larut. Tubuh akan terus memproduksi ingus bening ini untuk membantu melapisi serta melindungi hidung serta sinus Anda.

Kendati begitu, keluarnya ingus bening dari hidung juga bisa menandakan bahwa Anda sedang alergi. Biasanya, ingus bening yang merupakan tanda alergi disertai dengan gejala lain seperti mata berair, bersin, dan gatal.

Tidak hanya itu, ibu hamil yang mendadak pilek akibat perubahan hormon juga bisa mengeluarkan ingus bening. Kondisi ini dinamakan dengan rinitis non alergi, dan sering muncul di pada kehamilan minggu 13 dan 21.

Putih

Warna ingus putih berarti bahwa Anda sedang terkena common cold. Pada kasus ini, Anda biasanya juga akan mengalami peradangan dan hidung tersumbat. Gejala ini umumnya muncul di hari pertama atau keempat setelah terkena infeksi virus.

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 2 3Laman berikutnya
Topik
Show More

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan