MTQH Tingkat Barsel Tahun 2023 Resmi Dibuka

WhatsApp Image 2023 09 02 at 8.21.23 PM

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) (Barsel), melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran () menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) ke 43 tingkat Kabupaten setempat tahun 2023.

Kegiatan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an itu digelar di halaman Masjid Agung Baiturrahman, jalan Pelita Raya, Buntok.

Acara pembukaan dihadiri oleh Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan sebagai tamu kehormatan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) bersama jajarannya, unsur , unsur Pimpinan , Kepala Kementerian Agama (Kemenag), dan Ketua LPTQ Kabupaten setempat.

Hadir pula H. Ketua Umum (Ketum) LPTQ yang juga menjabat sebagai Sekda Provinsi Kalimantan Tengah. Sebelum membuka acara tersebut Pj. Bupati dalam pidatonya menyampaikan, MTQH ini bukanlah sekadar lomba untuk mencari qori/qoriah dan hafid/hafidzah terbaik dalam melantun ayat-ayat suci Alquran.

“Lomba ini merupakan suatu upaya konkrit umat islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-qur’an, supaya dapat dijadikan sebagai pedoman hidup,” kata Pj Barsel, Dr. Deddy Winarwan, Sabtu (2/9/2023).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, kegiatan MTQH ini juga sebagai salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna dan keindahan yang terkandungan dalam Al-qur’an, sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

“MTQH ini juga sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam, agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya serta dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang agamis khususnya di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” ucap .

Ditambahkannya, dengan diselenggarakannya MTQH ini dapat menjadi pintu gerbang bagi umat islam untuk terus menggali, memahami, dan mengaplikasikan isi kandungan Al-qur’an dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sehingga, dapat tercipta pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektualitas yang tinggi tetapi tetap rendah hati.

“Selain itu, tujuan lain dari lomba MTQH ini juga sebagai wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat dan minat baca kita terhadap Al-qur’an, sehingga kedepannya semua umat islam khususnya di Kabupaten Barsel tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf Al-qur’an,” pungkasnya. (lam)