Pariwisata Sektor Penyerap PAD, di Bidang Jasa dan Pajak

Whatsapp Image 2023 10 30 At 8.27.01 Pm (1)
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisporaparbud) Barsel, Dr. Manat Simanjuntak

, – Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Sektor itu diyakini bisa menyerap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penerimaan bidang jasa dan . Namun tampaknya, pengembangannya masih terkendala sejumlah faktor, khususnya keterbatasan anggaran dan ketersediaan .

“Pariwisata sulit berkembang akibat akses berupa jalan yang masih belum memadai, hingga alokasi dana untuk pembangunan sarana penunjang di lokasi tujuan wisata,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisporaparbud) , Dr. Manat Simanjuntak, Senin (30/10/2023).

Ia menjelaskan, hampir seluruh kecamatan di memiliki objek wisata yang dapat dikembangkan. Di mana pengembangannya dipastikan mampu menarik minat wisatawan dalam dan luar daerah. Serta merangsang pertumbuhan penduduk sekitar melalui bidang jasa hingga penjualan makanan, minuman hingga kerajinan lokal.

Dia menerangkan, kondisi jalan yang masih rusak untuk objek wisata di wilayah pelosok kecamatan masih menjadi pekerjaan rumah yang wajib dibenahi di tahun 2024 mendatang. Pasalnya sebaik apapun pengembangan yang dilaksanakan, tidak akan menarik minat pengunjung apabila kondisi jalan belum memadai.

“Jadi selain peran dari Disporaparbud dalam pengembangannya, diperlukan peran aktif teknis pekerjaan umum untuk penyediaan sarana akses darat,” harapnya.

Dengan melibatkan kades, damang, mantir dan kepala , pihaknya akan menginventarisir situs budaya yang ada di daerah.

“Dan juga membenahi sarana serta prasarana sekitar objek wisata dengan bertahap melalui anggaran yang tersedia,” pungkasnya. (lam)