KPHL Resmikan Rumah Produksi di Desa Madara

Whatsapp Image 2023 10 31 At 2.12.42 Pm

, – Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung () Gerbang Barito Unit IX Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah () meresmikan penggunaan rumah produksi di Desa Madara Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten ().

“Salah satu dari tujuan didirikan di rumah produksi ini untuk mengakomodir kelompok tani, para pengrajin, para pengusaha pengelolaan hasil hutan bukan kayu khusus nya warga Desa Madara dan sekitarnya agar mudah memasarkan hasil produksi nya,” terang Kepala UPT KPHL Gerbang Barito Unit IX Abdurrahman, ketika dibincangi awak media ini, Selasa (31/10/2023).

Dijelaskan Abdurrahman, bahwa KPHL sendiri sudah lama telah memiliki rumah produksi yang bekerja sama dengan CV Agro Borneo, dan bertempat di wilayah Buntok Kota.

“Manajemen, metode dan sistem yang telah kita lakukan ini sebenarnya sudah lama kita terapkan di rumah produksi kita wilayah Buntok Kota. Sasaran Kami adalah para kelompok tani yang menjadi binaan kami agar mudah memasarkan hasil produksinya,” ucapnya.

Ia berharap dengan telah diresmikannya ke rumah produksi di Desa Madara tersebut, hasil produksi dari kelompok tani di bawah binaan mereka akan lebih meningkat.

Di rumah produksi itu nantinya akan dihuni oleh orang-orang yang berkompeten dalam hal pengelolaan hutan bukan kayu dan di situ pula para kelompok tani akan lebih mudah mendapat bimbingan secara berkesinambungan untuk peningkatan hasil perekonomian masyarakat. (lam)