Ini Capaian Kinerja Kejari Barsel pada 2023

Whatsapp Image 2024 01 01 At 9.33.16 Pm

BALANGANEWS, Negeri (Kejari) () telah melaksanakan berbagai penegakan hukum selama 2023, baik bidang intelijen, tindak pidana umum maupun pidana khusus.

Kajari Barsel Yusuf Sumalong menguraikan, pada fungsi intelijen pihaknya yakni Pengamanan Program Strategis (PPS) sebanyak satu)l kegiatan dengan nilai anggaran yang dikawal sebesar Rp 15.2 miliar lebih.

Selain itu pada tahun politik ini telah membentuk Posko guna melaksanakan pemantauan terhadap tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Di sisi lain Intelijen Kejaksaan Negeri Barito Selatan telah melaksanakan kegiatan Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) sebanyak 1 (satu) kegiatan,” kata Yusuf Simalong, pada ekspose capaian kinerja, Senin (1/1/2024).

Selanjutnya penanganan tindak pidana umum dari dari jumlah perkara yang berhasil diselesaikan dengan pendekatan keadilan restoratif sebanyak dua perkara yaitu perkara .

Sebagai bentuk optimalisasi penerapan keadilan restoratif dalam penanganan atau penyelesaian perkara, saat ini telah dibentuk 20 Rumah Restorative Justice.

Jumlah penanganan tindak pidana umum yang diselesaikan sepanjang tahun 2023 dengan rincian per tahapan yaitu Pra Penuntutan sebanyak 105 perkara, Penuntutan sebanyak 102 perkara dan upaya hukum eksekusi sebanyak 101 perkara.

Sedangkan untuk tindak pidana khusus. Jumlah penyelidikan tiga perkara. Satu perkara telah masuk pada tahap penyidikan yaitu dugaan tindak pidana berupa manipulasi perjalanan dinas dan belanja dinas dalam laporan pertanggung jawaban keuangan Dinas dan Kearsipan Kabupaten Barsel tahun 2020 hingga 2022.

Selain itu lanjut dia, pada perkara tindak pidana khusus juga menyelesaikan satu tunggakan penyidikan terkait Penyalahgunaan Keuangan Dana Hibah Kegiatan MTQ ke XXX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2020 di Buntok Kabupaten Barsel.

“Di sisi lain juga terdapat pemulihan keuangan negara di tahun 2023 dengan jumlah total Rp 438.491.920,” pungkasnya. (lam)