Pemkab Barsel Fokuskan Penanganan Daerah Rawan Pangan

Whatsapp Image 2024 01 10 At 9.34.35 Pm

BALANGANEWS, – Demi mengurangi daerah rentan rawan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () melalui Dinas Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DKP3) Kabupaten setempat, menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat Desa Mahajandau .

Kegiatan penyaluran bantuan turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) , Rahmad Nuryadin, Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah, Kepala DKP3 Kabupaten Barsel, Ida Safitri yang diwakili Kabid Ketahanan Pangan Zanatun Ni’mah.

Penyaluran Bantuan Beras juga tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Barsel tentang daerah rentan rawan pangan dan di Kecamatan Dusun Hilir hanya Desa Mahajandau yang mendapatkan bantuan tersebut.

Asisten II Setda Barsel, Rahmad Nuryadin, menyampaikan permohonan maaf dari Pj Bupati Barsel, yang semestinya beliau menghadiri langsung kegiatan ini. Namun karena Pj Bupati Barsel sedang menjalankan ibadah Umrah, penyerahan bantuan tersebut merupakan penyaluran tahap dua, untuk Desa Mahajandau sendiri disediakan sesuai dengan data masyarakat penerima bantuan sebanyak 57 kepala .

“Penyaluran bantuan pangan beras tahap dua dalam rangka membantu masyarakat dan murni kegiatan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan (Kemenko PMK) dan disalurkan lagi melalui Pemkab Barsel dengan tujuan untuk pengentasan rawan pangan di desa-desa yang ada di Barsel,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Ia berharap masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin dan semoga program ini berkesinambungan agar dapat membantu masyarakat kita yang betul-betul membutuhkan.

Dari data DKP3 bahwa jumlah bantuan yang disalurkan untuk desa Mahajandau 2,43 ton atau 2.430 kg beras untuk 57 KK atau 243 jiwa, dengan rincian 10 kg per jiwa.

Melalui bantuan itu, kata dia, Pemkab berharap semoga dapat meringankan beban masyarakat ditengah harga-harga bahan pokok yang masih tinggi. (lam)