Dandim 1012 Buntok Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

, – Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa minggu belakangan, serta kiriman air dari hulu sungai Barito menyebabkan air sungai Barito meluap.

Sehingga mengakibatkan sejumlah Desa di wilayah Kabupaten (), Kalimantan Tengah terendam .

Melihat kondisi masyarakat dan wilayahnya terendam banjir, Dandim 1012/Buntok, Letkol Inf Hendro Wicaksono bersama anggotanya bergerak cepat melakukan peninjauan sekaligus menyalurkan bantuan sembako ke warga , Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barsel yang terdampak banjir, didampingi Kepala Desa dan jajarannya.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan respons cepat tanggap kami sebagai yang dikenal dekat dengan masyarakat,” kata Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono, Jum’at (26/1/2024).

Ia menuturkan, peninjauan dan pemberian sembako itu juga sebagai wujud perhatian TNI khususnya 1012/Buntok kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk membantu meringankan beban mereka sekaligus memberikan motivasi dan semangat bagi mereka dalam menghadapi musibah banjir yang telah menimpa desa mereka.

“Meski bantuan yang kami berikan ini tidak seberapa nilainya, akan tetapi kami jajaran Kodim 1012/Btk tidak akan berdiam diri melihat kondisi saat ini, kami akan selalu siap siaga membantu masyarakat yang membutuhkan kami,” tutur Dandim.

Ia mengatakan, jajaran Kodim 1012/Buntok akan selalu hadir untuk masyarakat dan selalu berupaya mengatasi kesulitan meraka serta akan selalu menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan semua pihak terkait dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Barsel.

Untuk itu, lanjutnya, pengecekan lokasi dilakukan untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil nantinya bersama pemerintah daerah setempat dalam menanggulangi bencana banjir.

Ia menambahkan, pemberian sembako juga sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang terdampak banjir untuk meringankan pemenuhan beban hidup mereka yang serba sulit ditengah-tengah kondisi banjir yang terjadi di desa mereka.

“Kami berharap semoga dengan adanya bantuan sembako ini, masyarakat Desa Danau Ganting dapat merasakan adanya kehadiran dan kepedulian TNI,” pungkasnya. (lam)