Pj Bupati Barsel Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Dusel

BALANGANEWS, BUNTOK – Dengan mengusung tema “pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan dan membuka kesempatan kerja yang luas” tema pembangunan daerah tahun 2025 yang akan menjadi rujukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 dibuka oleh Penjabat Bupati Barito Selatan (Pj Bupati ), H. Deddy Winarwan bertempat di aula kantor Bappeda.

Dalam sambutannya Deddy Winarwan mengatakan tujuan utama dari pelaksanaan Musrenbang diantaranya membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa atau kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

“Menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten,” kata Deddy Winarwan, Jum’at (23/2/2024).

Dalam konteks pendekatan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, maka penyusunan rancangan awal RKPD Tahun 2025 senantiasa berbasis pendekatan Holistik- Tematik, Integratif dan Spasial. Hal ini mengisyaratkan bahwa pencapaian prioritas pembangunan di Kabupaten Barsel memerlukan adanya koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan, upaya sinkronisasi, sinergitas dan harmonisasi antar sektor dan antar pemangku kepentingan dalam proses pelaksanaan pembangunan dalam rangka melayani kepentingan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan.

‘’Dengan demikian, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada Tahun 2024 ini adalah merupakan salah satu sarana untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Selatan untuk Tahun 2025,” ucapnya.

Masih dikatakan Deddy Winarwan, untuk diketahui Musrenbang Kecamatan Dusun Selatan digelar bersamaan dengan dan Jenamas, dengan Tim SKPD yang berbeda. Di Kecamatan Dusun Hilir dipimpin Ketua Tim yaitu Asisten dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Yoga Prasetyanto Utomo, sementara di dipimpin Ketua Tim Kepala Bappeda Kab. Barsel Jaya Wardana.

“Di kedua kecamatan kegiatan yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan sebelumnya telah diusulkan dan masuk dalam daftar usulan sudah di seleksi di tingkat desa. Hari ini di Musrenbang Kecamatan melakukan perangkingan (prioritas) oleh tim yang ditunjuk dari kecamatan dan stakeholder lainnya,” ucap Pj Bupati Barsel.

Ditambahkan forum di Kecamatan ini, selain sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2025, juga merupakan bahan usulan kegiatan bagi Musrenbang tingkat kabupaten maupun provinsi dan pemerintah pusat.

“Karena itu ada 3 bidang usulan prioritas desa yaitu bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, bidang ekonomi, sumber daya alam, dan bidang infrastruktur,” tambahnya.

Arah kebijakan pembangunan tahun 2025 difokuskan pada penanggulangan kemiskinan, penanganan , jalan dan jembatan, air bersih dan sanitasi, persampahan, perumahan dan permukiman, infrastruktur , peningkatan infrastruktur kesehatan dan peningkatan infrastruktur irigasi.

Hadir dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan ini yaitu pembahas materi dari unsur Bappeda, perwakilan perangkat daerah terkait, peserta dari berbagai unsur pemangku kepentingan yakni, kepala desa beserta jajarannya, para tokoh masyarakat, pemuda, Ketua BPD dan Ketua TP-PKK Desa. (lam)