Musrenbang Terakhir Digelar di 3 Kecamatan

, Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan (Musrenbang) di 3 kecamatan yakni Karau Kuala, Dusun Utara, dan Gunung Bintang Awai mengakhiri seluruh rangkaian agenda Musrenbang kecamatan di Kabupaten , Rabu (21/2/2024).

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Barito selatan (Pj Bupati ), H. Deddy Winarwan, bahwa dukungan dan sinergitas yang baik dari kecamatan dan desa untuk mencapai tujuan bersama, Barito Selatan yang lebih baik, maju, dan berdaya saing, sangat dibutuhkan.

“Saya berharap bahwa dalam Musrenbang ini dapat menghasilkan masukan, usulan maupun saran-saran serta partisipasi masyarakat untuk mewujudkan proses perencanaan pembangunan yang lebih baik dan mewujudkan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat,” katanya, Jum’at (23/2/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Barsel saat membuka secara resmi Musrenbang di Tabak Kanilan Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Sebelumnya Camat Gunung bintang Awai Yust Elgolan menyampaikan, 119 usulan yang telah disampaikan oleh 21 desa, semua usulan difasilitasi oleh pihak kecamatan. Karena Musrenbang tingkat kecamatan ini dilakukan sebagai salah satu tahapan perencanaan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024.

Kepada para kepala desa, asisten Adum meminta untuk ikut bersama mengatasi masalah prioritas kabupaten, antara lain menurunkan kemiskinan ekstrem, persoalan stunting, dan pengendalian .

“Untuk diketahui mendapat bantuan belanja hibah tahun 2023 yang diserahkan kepada rumah ibadah, sekolah, majelis-majelis, pesantren, MAN senilai Rp. 690 juta. Sedangkan jika dihitung untuk usulan pada tahun 2024 senilai 38 M lebih,” pungkasnya. (lam)