Pemkab Barsel Gelar Workshop Pengelolaan CSIRT

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara () Republik Indonesia, melaksanakan Workshop Pengelolaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) lingkup Pemkab Barsel di aula Bappeda Barsel, Jumat, (1/3/2024).

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Barsel, Mario Aan, dalam laporannya yang disampaikan Sekretaris Dinas, Faridah Hadiyatul Chasanah mengatakan, bahwa tujuan Pelaksanaan Workshop Pengelolaan CSIRT, untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para aparatur .

“Terutama dalam mengelola dan menanggapi insiden keamanan komputer melalui peningkatan teknis dalam mendeteksi, menganalisis dan merespons insiden keamanan komputer serta memberikan pemahaman tentang teknologi keamanan yang dapat membantu dalam mendeteksi, pencegahan dan mitigasi insiden pada sistem keamanan informasi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan,” katanya.

Dijelaskan CSIRT Barsel adalah tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber, serta bertanggung jawab untuk memonitor dan mengelola berbagai isu-isu terkait dengan keamanan .

“Selain itu untuk menjaga aset informasi dan komunikasi dari seluruh perangkat daerah dan unit kerja lingkup Pemkab Barsel,” jelasnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Barsel, Eddy Purwanto, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Administrasi Umum, Mirwansyah mengatakan, keberadaan CSIRT adalah langkah strategis yang perlu diperkuat.

Menurut dia, CSIRT berperan sebagai garda terdepan dalam mendeteksi, mencegah, dan merespons insiden keamanan cyber.

“Dengan mengelola CSIRT dengan baik, kita dapat meningkatkan ketahanan sistem informasi Pemkab Barsel,” katanya.

Dikatakan, kegiatan workshop ini merupakan langkah signifikan dalam upaya untuk meningkatkan keamanan informasi di Pemkab Barsel.

“Saya berharap partisipasi aktif dari semua pihak yang hadir, untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama untuk bersama-sama menjaga keamanan data pemerintah, yang merupakan aset kritis bagi pelayanan masyarakat yang efisien dan terpercaya,” ujarnya.

Workshop ini, kata dia, merupakan langkah awal dalam membangun keamanan informasi di lingkungan Pemkab Barsel.

“Kita berharap hasil dari workshop ini sebagai pijakan menuju sistem keamanan informasi yang lebih baik dan responsif terhadap ancaman yang ada,” pungkasnya. (lam)