Disnakertrans Barsel Siapkan Tenaga Kerja Terampil

Kepala Disnakertrans Barsel, Sufian Arifin

, Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () melalui Dinas Tenaga Kerja dan (Disnakertrans) setempat menggelar kegiatan Pemagangan Dalam Negeri (PDN) tahun 2024.

Kepala , Sufian Arifin mengatakan, dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi Pencari Kerja (Pencaker) yang terampil dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, Pemerintah Kabupaten Barsel.

“Terus mendorong pihak perusahaan agar merespon secara positif dan aktif untuk mendukung program PDN maupun program peningkatan kompetensi lainnya,” katanya, Selasa (21/5/2024).

Berbeda dengan program pelatihan keterampilan yang lain, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi para peserta magang atau tenaga kerja yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tempat penyelenggara pemagangan.

“Sehingga, hasilnya tidak hanya meningkatkan jumlah tenaga kerja yang kompeten, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja di perusahaan-perusahaan, dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menanggulangi masalah pengangguran di wilayah setempat,” ucapnya.

Dijelaskan kegiatan pemagangan tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk para Pencaker dalam meningkatkan kemampuan dan produktifitas untuk mengasah keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri atau standar perusahaan yang mendapatkan pelatihan oleh supervisi yang profesional di tempat kerja/magang secara langsung.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti program ini dengan sungguh-sungguh, agar nantinya memiliki kompetensi dan keterampilan yang diperlukan dalam industri kerja, sehingga kita dapat mewujudkan Barsel Berkah, dan SDM bangkit Berakhlak penuh dengan Keberkahan,” pungkasnya. (lam)