Sekda Sebut Barsel Sudah Bentuk Lembaga ADHOC

, – Sekretaris Daerah pada Pemerintahan Kabupaten Barsel Eddy Purwanto mengatakan, bahwa Barsel sudah membentuk lembaga ad-hoc kelompok kerja pengembangan dan pengelolaan perairan darat.

Kelompok kerja ini memiliki tugas khusus mendampingi Indonesian Fisheries Information System (IFISH) untuk mempercepat dunia .

“Apa yang telah dilakukan IFISH sejalan dengan unggulan Barito Selatan yakni dalam bidang perikanan,” kata Eddy Purwanto, Rabu, (19/6/2024).

Dia mengakui Kabupaten Barito Selatan merupakan salah satu lumbung ikan terpenting dan terbesar di provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu, kata dia, dalam kegiatan rapat koordinasi yang telah dilaksanakan, ada dua agenda yang dibahas.

“Pertama penyusunan rencana kerja tahunan pokja perairan darat dan kedua penyelarasan program yang beririsan perairan darat dari semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait,” jelasnya.

Menurut dia, Dinas , Pertanian dan Perikanan Barito Selatan dengan dukungan and Agriculture Organization (FAO) Indonesia telah memulai langkah awal untuk mendorong lokasi percontohan pengelolaan perairan darat di dua lokasi yakni di Desa Mengkatip dan Desa Batilap, .

“Upaya ini sangat layak untuk didukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan. Saya berharap langkah ini dapat diteruskan untuk mendukung pembangunan perikanan di daerah ini,” pungkasnya. (lam)