Legislator Ini Menyebutkan Masyarakat Indikator Suksesnya Kinerja Legislatif

H. Sudiarto

, – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () berharap masyarakat mendukung penuh kinerja dewan dalam mengisi dan meningkat .

Masyarakat diajak memberikan sumbangsih nyata berbentuk saran dan kritik membangun, demi pengoptimalan fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran.

“Masyarakat adalah indikator dari suksesnya kinerja Legislatif, dalam hal pengawasan pembangunan daerah yang setiap tahunnya digalakan pemerintah daerah,” kata H. Sudiarto, anggota DPRD , Kamis (11/7/2024).

Dijelaskan, dewan adalah perpanjangan tangan masyarakat yang bertugas menjalankan amanah konstitusi, memikirkan kepentingan umum, serta menyuarakan kepentingan publik kepada pemangku kebijakan.

“Untuk kemudian aspirasi masyarakat yang diinginkan, kita tindak lanjuti agar masuk dalam program pembangunan yang digalakan pemerintah setiap tahunnya,” terangnya.

Kemudian, lanjut politisi itu, dari program-program pembangunan yang digalakan pemerintah daerah, yang di dalamnya adalah aspirasi rakyat, wajib untuk diawasi oleh legislatif.

“Selain melakukan pengawasan, sudah pasti tugas utama Legislatif melakukan penganggaran, sehingga setiap kegiatan peningkatan pembangunan bisa tepat sasaran,” ungkapnya lagi.

Sudiarto mengimbau dan mengharapkan, agar masyarakat proaktif memberikan masukan konstruktif, mengawal kinerja dewan agar bisa terus selaras dengan konsep menyejahterakan masyarakat.

Sebab, kata dia, dukungan masyarakat menjadi motivasi kerja wakil rakyat. Legislatif, lanjut dia, akan berusaha maksimal guna mengawal aspirasi masyarakat, menguatkan fungsi pengawasan agar bisa memberikan kesejahteraan dan pemberdayaan bagi rakyat.

“Dikarenakan para anggota Legislatif adalah wakil dari seluruh masyarakat di daerah itu, maka sudah selayaknya, Legislatif dan masyarakat setempat bisa bekerjasama dan saling mendukung, guna suksesnya pembangunan di daerah berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus,” pungkasnya. (lam)