Pj Bupati Barsel Terima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024

, BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) terima penghargaan “Kategori Madya” pada Universal Health Coverage (UHC) Award 2024. Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan menerima penghargaan tersebut bertempat di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan menerima penghargaan tersebut diterima berkat prestasi atas cakupan kepesertaan JKN di Kabupaten Barito Selatan yang mencapai lebih dari 98% persen dari 135.966 jiwa total penduduk berdasarkan data Dirjen Semester II Tahun 2023 dengan jumlah peserta yang berstatus aktif sebanyak 117.541 jiwa (86,45%).

Acara penyerahan penghargaan ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Maruf Amin, Menteri Koordinator Manusia dan Kebudayan RI Muhadjir Effendy , Internasional Social Scurity Associoation (ISSA) Mohammmed Azman, Direktur Utama BPJS beserta jajaran, para dan wali Kota, serta para pemangku kepentingan. Adapun menghadiri langsung acara Universal Health Coverage (UHC) Award dengan didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Barito Selatan Yoga Prasetianto Utomo.

Terwujudnya Universal Health Coverage (UHC) secara tidak terlepas dari dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah dalam memastikan seluruh masyarakat di wilayah setempat terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti melaporkan bahwa kepesertaan JKN meningkat dari tahun ke tahun dengan cakupan mencapai di atas 98 persen dari total penduduk.

“Sampai dengan 1 Agustus 2024, tercatat cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa atau lebih dari 98% dari total penduduk yang semester 1 tahun 2024 sejumlah 281.603.800 jiwa,” ungkapnya.

Pj. Bupati Barsel Deddy Winarwan yang dihubungi setelah acara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan seluruh elemen terkait di Kabupaten Barito Selatan yang telah berpartisipasi dalam program JKN.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dalam mendukung program JKN dalam peningkatan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” katanya, Senin (12/8/2024).

Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Barito Selatan bila merasa sakit, mereka bisa berobat ke puskesmas dan ke rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Barito Selatan dan akan mendapatkan pelayanan secara gratis, karena Pemerintah Kabupaten Barito Selatan telah menganggarkan dalam Murni 2024 sebesar 38 Miliar untuk program tersebut. (lam)