Kepala KPP Pratama Muara Teweh Buka Secara Resmi FKB di Barsel

WhatsApp Image 2023 02 27 at 2.24.53 PM

, BUNTOK – Kepala Kantor Pelayanan Pratama (KPP Pratama) Muara Teweh Bombong Widarto, S.Sos, M.Si mengatakan Kegiatan Festival Keuangan Buntok 2023 mempunyai misi untuk menumbuhkan kesadaran mengenai keuangan negara khususnya perpajakan yang tinggi kepada generasi muda di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) sehingga di masa depan menjadi masyarakat yang sadar pajak.

Adapun Festival Keuangan Buntok 2023 terdiri dari 5 (lima) kegiatan utama yaitu: Pemilihan Juara Duta Pajak 2023, tes wawasan keuangan dengan peserta dari mahasiswa, development services berupa diskusi panel bertema “Ekspor Itu Mudah” dengan narasumber dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai pemegang otoritas, PT Pos Indonesia sebagai salah satu forwarder dan pelaku usaha ekspor, pojok Pajak untuk pelayanan pelaporan SPT tahunan dan pemadanan NIK-NPWP serta layanan konsultasi, stand .

Salah satu kegiatan utama pada Festival Keuangan Buntok () adalah Duta Pajak. Para Duta Pajak telah melewati rangkaian pembinaan dan seleksi pengetahuan perpajakan dan kepribadian oleh KP2KP Buntok.

“Duta pajak terpilih diharapkan dapat membantu Direktorat Jenderal Pajak khususnya KP2KP Buntok, untuk memberikan edukasi perpajakan dan turut menularkan kesadaran pajaknya kepada masyarakat dengan cara yang menarik,” katanya, Senin (27/2/2023).

Dijelaskan, seleksi duta pajak tahun 2023 sudah dimulai sejak bulan November 2022 dengan beberapa tahapan yakni : Tax go to School dan Sosialisasi Duta Pajak ke 10 SMA di Barsel, pendaftaran duta pajak, mentoring tahap I dengan materi perpajakan dan pengembangan diri selama 3 minggu kepada para peserta sebanyak 60 orang, uji kompetensi duta pajak yang pada akhirnya tersisa 13 orang peserta, mentoring tahap II dengan materi perpajakan, dan pengembangan bakat, pemilihan juara duta pajak sebagai bagian dari Festival Keuangan Buntok.

“Saya mengucapkan selamat atas 13 finalis Duta Pajak dan selalu semangat untuk berjuang pada tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Dilanjutkan, pada FKB ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan seperti talkshow, stand UMKM dan Tes Wawasan Keuangan (TWK). Semua kegiatan ini kami tunjukkan untuk memajukan UMKM dan mendorong geliat perekonomian di ‘Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus’ ini. Dengan Talkshow bertemakan “Ekspor itu Mudah” nanti diharapkan menambah pengetahuan dan semangat para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya ke pasar ekspor.

Kami mengimbau seluruh masyarakat Barito Selatan untuk dan segera melaporkan SPT Tahunan dan memutakhirkan data NIK dan NPWP nya.

“Pelaporan SPT tahunan menjadi penting sebagai sarana kita sebagai wajib pajak melaporkan penghasilan yang diperoleh kepada negara,” pungkasnya.

Ada banyak pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini antara lain KPPBC Palangkaraya, KPPN Buntok, Kantor Pos Buntok, Indonesia Export Channel, Rumah UMKM PT Telkom Buntok, Pemerintah Daerah dan Kepolisian Resor Barito Selatan.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik,” katanya. (lam)