Pj Bupati Barito Utara Hadiri Apel Siaga Alsistan yang Dipimpin Mentan RI

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Pejabat (Pj) Bupati Barito Utara (), Muhlis, menghadiri apel siaga alat dan mesin (Alsistan) yang digelar di Lapangan Korem 102/Panju Panjung, Palangka Raya, pada Jumat (14/6/2024) pagi.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Pertanian () RI, Andi Amran Sulaiman, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah (Sekda) , serta jajaran dan perangkat daerah lainnya.

Apel siaga alsistan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI ini bertujuan untuk meningkatkan luas lahan tanam dan produksi pertanian melalui pompanisasi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Kehadiran kami di sini dalam rangka memastikan bahwa apa yang menjadi program pemerintah terkait dengan wilayah Kabupaten Barito Utara sesuai dengan rencana,” ujar Pj Bupati Barut, Muhlis.

Muhlis menyoroti mengenai ketersediaan pupuk di Barito Utara. Dia mengharapkan, alokasi pupuk bantuan dari pemerintah agar bisa tersedia secepat mungkin di Barito Utara.

“Harapan kami, alokasi pupuk itu bisa tersedia dalam waktu secepat mungkin sehingga para petani dapat memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan produksi mereka,” katanya.

Pj Bupati Barito Utara menyatakan terima kasihnya kepada Menteri Pertanian yang telah menyediakan dan memberikan pompa dan alat-alat pertanian kepada petani di Kalteng, termasuk di Barito Utara.

“Kami juga berterima kasih kepada bapak Menteri yang sudah memberikan pompa, kemudian juga alat alat pertanian. Dimana poin pentingnya, bahwa kami akan dialokasikan yang lebih banyak dan kami tentu sangat bersyukur dan harapan kami tentu itu akan diwujudkan oleh Kementrian Pertanian RI di Kabupaten Barito Utara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muhlis mengungkapkan bahwa tambahan lahan yang disiapkan oleh menteri untuk Kabupaten Barito Utara mencapai sekitar 350 hektar.

“Area ini akan dikerjakan bersama-sama dengan jajaran . Kami berharap semua target dapat terpenuhi jika semuanya dilakukan tepat waktu,” ungkapnya. (asp)