Gunakan Layanan Ini untuk Perkenalkan Perpustakaan kepada Anak

WhatsApp Image 2023 06 08 at 2.54.18 PM
Kabid Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung, Mas Yunike

, – Dinas dan Kearsipan Kabupaten meluncurkan layanan Bahalap. Layanan ini merupakan sebuah inovasi dari bidang perpustakaan, yang bertujuan memperkenalkan manfaat perpustakaan kepada anak-anak usia dini.

“Pelaksanaan layanan bahalap dilakukan dengan metode bercerita (story telling), menyanyi, dan aktivitas lain, sehingga menumbuhkan kreativitas pada anak,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gumas, Maria Efianti, melalui Kabid Perpustakaan Yunike, Kamis (8/6/2023).

Di dalam layanan bahalap ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama dengan satuan TK dan SD untuk mengajak anak datang ke perpustakaan. Itu dilakukan sesuai jadwal yang dibuat yakni setiap hari Rabu dan Kamis.

“Jadi sekolah bersama peserta didik yang datang ke sini, dan petugas kami memberikan layanan bahalap dengan metode yang menarik peserta didik,” terangnya.

Sampai saat ini, layanan bahalap disambut antusias dari peserta didik. Ini berdampak pada peningkatan kunjungan peserta didik datang ke perpustakaan.

Dia menambahkan, story telling yang banyak disukai peserta didik dalam layanan bahalap ini, karena meningkatkan kemampuan bahasa pada anak, memahami alur cerita, serta menumbuhkan kreativitas untuk berimajinasi dan memberikan ide-ide baru.

“Di story telling itu, diceritakan kepada anak kisah kepahlawanan, kisah perjuangan atau tokoh dalam meraih kesuksesan. Cerita yang disampaikan mengandung pesan moral dalam bentuk lelucon ataupun hiburan,” pungkasnya. (ahs)