Pemkab Gelar Berbagai Perlombaan dalam Memperingati HUT RI

WhatsApp Image 2023 08 03 at 1.17.23 PM
Plt Sekda Gumas, Richard didampingi Kepala Kesbangpol yang juga Ketua Panitia Sugiarto, memimpin rapat kedua peringatan HUT RI ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023, Kamis (3/8/2023)

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas menggelar rapat kedua panitia peringatan HUT kemerdekaan RI ke-78. Rapat itu untuk mempersiapkan berbagai kegiatan perlombaan dan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

”Dalam peringatan , ada berbagai perlombaan yang digelar khusus untuk masyarakat, sehingga diharapkan peringatannya akan berjalan lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Plt Sekda Gumas Richard, Kamis (3/8/2023).

Perlombaan untuk masyarakat yang digelar panitia kabupaten yakni lomba kupas , tarik tambang, lari karung, sepeda hias, gerak jalan untuk pelajar SD dan SMP, kambe, sepak daster, dan lari terong. Perlombaan ini sifatnya untuk masyarakat dan siapa saja bisa ikut berpartisipasi dengan menghubungi panitia.

”Untuk tahun ini, dari panitia tidak melaksanakan lomba panjang pinang, dengan alasan pohon pinang susah dicari dan beresiko membahayakan peserta lomba, seperti terjatuh,” tuturnya.

ADE S

Mengenai lomba kupas telur, itu adalah lomba yang baru digelar tahun 2023 ini, dan dikhususkan untuk anak-anak. Ini menjadi salah satu upaya mengedukasi masyarakat bahwa makanan bergizi itu tidak harus mahal, tidak jauh, dan banyak di sekitar, serta sebagai upaya menurunkan angka .

”Digelarnya lomba kupas telur, karena telur menjadi salah satu menu yang murah dan mengandung protein tinggi untuk anak. Peserta yang paling banyak mengupas telur, itu yang akan menjadi juara. Setelah dikupas, telur bisa diambil oleh peserta untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Selain lomba untuk masyarakat, seluruh juga diimbau untuk ikut aktif dalam memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-78, dengan mengadakan berbagai lomba di masing-masing perangkat daerah.

”Perlombaan seperti ini memang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun 2023 ini, tema peringatan HUT RI ke-78 adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” tukasnya. (ahs)