Pemkab Gumas Gelar Pagelaran Seni dan Budaya

Whatsapp Image 2023 12 10 At 2.04.43 Pm
Bupati Gumas, Jaya S Monong, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Kajari Sahroni, Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong, Kepala Disbudpar Hansli Gonak, dan Kabid Kesenian Ahmady, berfoto bersama dengan para seniman dan budayawan, pada pagelaran seni dan budaya di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu (9/12/2023).

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui () setempat menggelar pagelaran seni dan budaya tahun 2023, yang bertujuan untuk menumbuhkan daya cipta, karsa dan kreativitas seniman terutama sanggar seni dan budaya (SSB), serta menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada panitia pelaksana beserta seluruh pihak yang membantu, sehingga bisa berlangsung dengan baik, aman, dan lancar. Saya juga menyampaikan penghargaan kepada para pengisi acara dari beberapa kecamatan yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Sabtu (9/12/2023) malam.

Kepala Disbudpar Kabupaten Gumas, Hansli Gonak mengatakan, pagelaran ini merupakan langkah awal agar lebih banyak kegiatan serupa yang menghibur masyarakat dengan daerah, sehingga adat budaya daerah tetap lestari. Selain itu, ini juga untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat seniman menampilkan karyanya.

“Melalui pagelaran seni dan budaya tahun 2023 ini, akan dapat memberikan makna dan motivasi dalam meningkatkan kualitas seniman di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Kesenian Ahmady mengakui, pagelaran seni dan budaya merupakan salah satu upaya Disbudpar untuk meningkatkan sumber daya bidang kesenian, khususnya para pengurus, pelatih/instruktur sanggar serta generasi muda berbakat di bidang seni dan budaya.

“Pagelaran ini melibatkan beberapa sanggar seni budaya dan seniman yakni Sanggar Seni dan Budaya Penyang Hatampung, Batuah Kampuri, Bunut Batarung, Kambang Pancar Rungan, Dandang Tingang, dan seniman bertalenta lainnya,” terangnya.

Terkait penampilan seniman bertalenta, ditampilkan seniman karungut hasil seleksi dari sebagai terbaik pertama dan juga terbaik pertama saat festival karungut yang digelar karang taruna serta penampilan pakar karungut, budayawan, serta pelatih karungut untuk FBMM yaitu Ucun A Tingang.

“Untuk penampilan beberapa sanggar seni dan budaya, ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan sanggar seni beberapa waktu yang lalu dan terpilih lima penampil yang mewakili untuk pagelaran seni saat ini,” pungkasnya. (ahs)