Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting dengan Optimalkan Kinerja TPPS

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Kepala Bapperida Yantrio Aulia dan Kepala DP2KBP3A Rina Sari, berfoto bersama dengan peserta rakor TPPS, di aula kantor Kecamatan Kurun, Senin (30/4/2024).

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) TPPS tingkat kabupaten. Ini merupakan forum pelaksanaan aksi konvergensi lintas sektor yang bertugas untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan desa.

”Pelaksanaan rakor ini untuk mengoptimalkan kinerja TPPS dan koordinasikan, sinergikan serta evaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan ,” ujar Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing, Selasa (30/4/2024).

Dia mengatakan, TPPS dibentuk dari berbagai unsur serta pemangku kepentingan lain. Tugasnya untuk koordinasi, sinergi, mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergensi, dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor.

”Keterlibatan lintas perangkat daerah dalam struktur TPPS memiliki kelebihan dan dinamika serta tantangan tersendiri. Diperlukan persepsi dan kesamaan pandangan dalam melakukan percepatan penurunan stunting,” terangnya.

Dia mengakui, rakor TPPS ini penting untuk dilakukan, agar setiap perangkat daerah yang tergabung dalam TPPS bisa memahami tugas dan tanggung jawab, serta sinergi pelaksanaan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting.

”Seluruh harus bekerjasama, saling mendukung dan dapat menjalankan fungsi melekat pada setiap dinas, terutama intervensi sensitif yang memiliki pengaruh 70 persen percepatan penurunan stunting. Yang menjadi perhatian saat ini adalah peran TPPS kecamatan yang dirasa belum optimal,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting itu merupakan dasar bagi pemerintah di semua jenjang untuk melakukan penguatan kerangka substansi, intervensi, pendanaan, serta pemantauan dan evaluasi yang diperlukan dalam berbagai upaya percepatan penurunan stunting. (ahs)