Aktivasi IKD Mempermudah Masyarakat dalam Mengakses Data

WhatsApp Image 2023 03 24 at 12.38.55 PM
Kepala Disdukcapil Kabupaten Gumas, Barthel menunjukkan banner terkait aktivasi IKD, belum lama ini

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Dinas dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten () sudah membuka pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk masyarakat di daerah ini yang telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

“Untuk melakukan aktivasi IKD, masyarakat dapat datang langsung ke kantor Disdukcapil pada Hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB-16.00 WIB,” ucap Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, melalui Kepala Disdukcapil Barthel, Jumat (24/3/2023).

Dia mengatakan, yang perlu dipersiapkan dalam melakukan aktivasi IKD di kantor Disdukcapil yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor telepon yang aktif. Untuk itu, diimbau kepada masyarakat agar segera lakukan aktivasi IKD.

“Kami juga berencana untuk melakukan jemput dengan membuka pelayanan aktivasi IKD di kantor instansi vertikal, perangkat daerah, dan tempat lain,” katanya.

Dia menuturkan, aktivasi IKD bermanfaat untuk mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik, serta mempermudah mengakses data keluarga.

“Kalau e-KTP tertinggal, maka masyarakat tidak perlu khawatir lantaran data terkait kependudukan sudah ada di aplikasi IKD, karena sudah dilakukan aktivasi sebelumnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat dapat mengakses berbagai data dalam aplikasi IKD seperti e-KTP, KK digital, , NPWP, data kartu virtual, data Kesehatan, serta daftar pemilih tahun 2024.

“Dengan aplikasi ini, kami berharap tidak ada lagi pencetakan fisik e-KTP, dan tidak ada lagi masalah e-KTP hilang atau tertinggal,” tukasnya. (ahs)