Ternak Warga di 2 Desa Kecamatan Mandau Telawang Mati Mendadak

Hewan ternak milik warga yang mati mendadak

, – Warga di dua desa Di Kecamatan Telawang Kabupaten dikejutkan dengan adanya milik mereka yang mati mendadak seperti di Desa Tumbang Manyarung dan Desa Tumbang Tihis.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Tumbang Tihis Kecamatan Mandau Telawang, Ade M yang mengatakan ada belasan ekor ternak milik warga mati mendadak, seperti di Desa Desa Tumbang.

“Ada 13 ekor hewan ternak babi dan puluhan ekor ayam yang mati mendadak, di Desa Tumbang Manyurung, dari laporan yang kami terima terjadi beberapa hari lalu,” ucapnya, Senin (5/1/2024).

Lanjutnya, berselang beberapa hari giliran hewan ternak warga Desa Tumbang Tihis juga mengalami hal yang sama, mati tanpa diketahui penyebabnya, hingga pihaknya akan melaporkan kejadian itu ke Dinas terkait untuk dilakukan pengecekan terhadap hewan-hewan ternak warga tersebut.

“Untuk di Desa Tumbang Tihis juga terjadi setidaknya ada sekitar delapan ekor hewan ternak babi warganya mati mendadak, ini sudah kami sampaikan ke dinas agar bisa meminta dokter hewan mengecek ke sini,” pungkasnya.

Sementara itu gejala awal yang dilihat babi-babi tersebut sebelum mati sehari sebelumnya mengalami seperti -batuk dan setelah mati pada tubuhnya terlihat tanda bercak-bercak merah, sedangkan berbusa. (Put)