Tim Kesehatan Lakukan Pemeriksaan Kepada Calon Jamaah Haji Lansia

19b25507 2cce 4be0 bf38 8f747cf048a8
Bagi calon jemaah haji kembali dilaksanakan pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RSUD Kapuas

, KUALA – Bagi di Kabupaten Kapuas, kembali dilakukan pemeriksaan oleh pihak Dinas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas.

Adapun para calon jamaah haji yang dilakukan pemeriksaan kesehatan yaitu jemaah haji data tambahan lansia dan penggabungan sebanyak 20 orang, dimana dengan total yang telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 41 orang dengan usai 65 tahun ke atas.

Saat dikonfirmasi, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan, menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan dan latihan kebugaran bagi jemaah lansia ini sangat penting dilaksanakan, untuk menyiapkan jemaah sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

“Apalagi dengan kondisi usia lanjut perlu diketahui kondisi kesehatan dan kebugaran sejak awal sehingga bisa diantisipasi serta dipersiapkan sejak dari tanah air agar saat di tanah suci tetap sehat, bugar,” ucapnya, Rabu (1/3/2023).

Lanjutnya lagi selain itu juga jemaah lansia yang perlu perhatian khusus tapi berangkat sendirian, diharapkan agar bisa mempersiapkan pendamping dari jemaah lain yang juga berangkat, sehingga bisa terbantu.

“Kami juga berpesan kepada seluruh jajaran kesehatan terkait, baik di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas agar dapat melakukan pembinaan dan memberikan pelayanan yang terstruktur,” tutupnya. (put)