Ribuan Warga Katingan Ikuti Pawai Pembangunan

WhatsApp Image 2023 08 19 at 2.35.38 PM (1)

BALANGANEWS, KASONGAN – Selain puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , juga diikuti ribuan warga Katingan.

Diantaranya sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Keagamaan dan sejumlah sekolah di Katingan dari tingkat SD, SMP hingga SMA, yang berlangsung di sekitar komplek perkantoran Pemkab setempat hingga ke jalan Hatta – Kasongan, Jum’at sore (18/8/2023).

Dari puluhan OPD, Ormas, organisasi keagamaan, sekolah dan masyarakat umum yang berpartisipasi dalam pawai pembangunan tersebut, jumlahnya lebih dari 5.000 jiwa. Sedangkan yang menyaksikannya, bukan hanya puluhan ribu masyarakat Kasongan saja, tapi ada pula belasan ribu masyarakat dari beberapa Kecamatan di bagian hulu dan hilir yang sengaja datang ke Kasongan ingin menyaksikan pawai yang juga mengundang beberapa Kecamatan menjadi peserta pawai ini.

Peserta pawai, selain memasang spanduk dan baleho bertuliskan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 78 dan bendera merah putih, juga mendesain kendaraan roda empat dan roda duanya dengan simbolnya, sesuai dengan OPD dan ormasnya masing-masing. Misalnya, Dinas dan Pertanian, mobil yang digunakannya digantunginya berbagai Sumber Daya Alam (SDA), yang merupakan hasil pertanian dan perkebunan para , seperti padi, jagung, kacang panjang dan sejumlah sayur- serta hasil perkebunan.

Bupati Katingan Sakariyas saat menyaksikan pawai tersebut, dalam pengakuannya selain merasa bangga, juga mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada masyarakat setempat, ormas, organisasi keagamaan dan OPD yang telah berpartisipasi dalam pawai pembangunan pada sore itu.

Pawai ini menurutnya selain untuk menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78, juga sebagai ajang silaturahmi, hiburan dan sekaligus memperkenalkan sejumlah SDA yang dimiliki . Di samping itu, juga memperlihatkan keberhasilan pembangunan daerah yang sudah dicapai selama Katingan menjadi Kabupaten selama 21 tahun ini. “Oleh karena itu, mari kita bersama-sama membangun daerah kita yang berjuluk bumi Penyang Hinje Simpei ini,” ajak Bupati.

Selain Bupati dan ketua TP PKK Katingan, turut hadir dan menyaksikan pula dalam pawai pembangunan ini, Wabup, Sekda beserta jajarannya, , pimpinan Bank cabang Kasongan, pimpinan ormas, pimpinan organisasi keagamaan, tokoh adat dan lain sebagainya. (abu)