DPRD Minta Ruas Jalan dan Jembatan Terus Dibangun

Whatsapp Image 2023 11 25 At 4.31.28 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Firdaus

BALANGANEWS, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Firdaus meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, ruas jalan dan jembatan dari Pakahi Kecamatan Kamipang hingga ke wilayah Kecamatan Katingan Kuala terus dibangun.

Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media saat dihubungi via telpon selulernya, Sabtu (25/11/2023).

Pasalnya, banyak hasil dari Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Katingan ini yang belum maksimal dalam penggarapannya, lantaran pemasarannya kurang maksimal. Kurang maksimalnya dalam hal pemasaran tersebut, dikarenakan terkendalanya infrastruktur jalan darat yang belum memadai. “Bahkan, tidak bisa tembus sama sekali,” kata Firdaus.

Salah satunya, di wilayah Kecamatan Katingan Kuala. Di Kecamatan Katingan Kuala ini menurut Firdaus, hasil dari SDA-nya adalah , baik ikan laut, ikan darat maupun ikan sungai. Tidak sedikit hasil tangkap ikan oleh masyarakat dari puluhan desa di Kecamatan Katingan Kuala itu yang tidak bisa terjual dengan maksimal. Bahkan ketika musimnya, banyak ikan yang membusuk lantaran tak terjual habis. “Ini semua, lantaran kurangnya pembeli,” ujarnya.

Begitu pula dengan hasil panen (padi) milik ratusan di puluhan desa di Kecamatan Katingan Kuala tersebut. Oleh karena kurangnya pembeli, sehingga banyak gabah dan padi di wilayah tersebut tak bisa terjual habis. “Ini juga lantaran belum terkoneksinya jalan darat antara Kecamatan Katingan Kuala ke ibukota Kabupaten Katingan,” terangnya.

Oleh karena itu, legislator Partai Amanat Nasional () ini berharap kepada Pemkab setempat untuk memprioritaskan kelanjutan ruas jalan Antara ke Pakahi Kecamatan Kamipang yang sudah digarap sebelumnya.

“Sehingga, masyarakat Kecamatan Katingan Kuala dan ketika menjual hasil tangkap ikan dan hasil pertaniannya dapat terjual dengan maksimal, hingga ke ibukota Kabupaten Katingan,” harap anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala ini. (abu)