DPRD Berharap OPD Berikan Pelayanan Prima

Whatsapp Image 2023 12 16 At 2.19.44 Pm
Anggota DPRD Kabupeten Katingan, Rudi Hartono

, KASONGAN – Anggota , Rudi Hartono, S.Sos berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup agar memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat . Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah media, Sabtu (16/12/2023).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Hal ini menurut legislator Partai ini cukup beralasan. Pasalnya, sebagai Aparatur Sipil Negara () yang merupakan abdi negara sudah merupakan kewajibannya untuk memberikan pelayanan prima. Bukan sebaliknya, untuk minta dilayani.

Menurutnya, istilah OPD, bukan hanya kepala Dinas atau Kabid dan Kasi serta Kabag saja, tapi juga sampai ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan lingkup Pemkab setempat dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Dengan memberikan pelayanan prima tersebut, sehingga masyarakat akan lebih senang pula berurusan dengan OPD, yang bersangkutan,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan media, sejauh ini meskipun pelayanan di masing-masing OPD berjalan baik, namun menurutnya masih ada beberapa individunya di beberapa OPD yang belum maksimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Hal ini berdasarkan informasi masyarakat yang kami terima.

Oleh karena itu, hal-hal semacam itu ke depannya perlu diperbaiki. Sehingga, masyarakat merasa senang untuk berurusan di OPD tersebut. Jika masyarakat merasa senang, maka semangat kinerja di jajaran OPD tersebut juga akan lebih bersemangat untuk bekerja.

Seperti kita ketahui bersama, lanjutnya, kita bisa mencontoh salah satu OPD lingkup Pemkab setempat, yakni pelayanan yang diberikan oleh Dinas dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) hanya dalam tempo puluhan menit saja sudah selesai. “Maksimal sekitar 30 menit, dengan catatan terpenuhinya semua persyaratan,” pungkas mantan jurnalis ini. (abu)