DPRD Minta Pemkab Timbun Bahu Jalan

Whatsapp Image 2024 01 05 At 7.16.24 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi

BALANGANEWS, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten , H Hanafi minta keadaan Pemkab Katingan melalui Dinas terkait timbun bahu kanan dan kiri jalan di sepanjang jalan Hatta, dari depan hingga ke Kecamatan .

Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (5/1/2024), dengan tujuan untuk mengantisipasi angka kecelakaan (Laka) bagi pengendara dan bagi pejalan kaki. Karena, saat berselisihan, khususnya kendaraan roda empat dari dua arah bisa saja kendaraan yang satu terpepet ke bahu jalan, sementara ketinggian antara badan jalan dengan bahu jalannya terlalu tinggi, dan tidak menutup kemungkinan salah satu kendaraannya terbalik lantaran menghindari tabrakan kendaraan yang berlainan arah tersebut.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Terkait dengan anggaran, menurutnya bisa dianggarkan secara khusus di Dinas terkait setiap tahunnya, dengan melakukan kerjasama kepada pihak ketiga atau rekanan ().

“Intinya, untuk mengerjakan penimbunan bahu jalan tersebut serahkan saja dengan rekanan, akan lebih efektif dan efisien,” kata H Hanafi.

Selain itu dirinya juga meminta kepada dinas tersebut untuk melakukan pemotongan pohon dan rerumputan di sisi bahu kiri dan kanan jalan di sepanjang jalan trans Kabupaten itu. Karena, pepohonan dan rerumputan tersebut juga rentan terjadinya laka.

“Pasalnya, pepohonan dan rerumputan yang menjuntai hingga ke bahu jalan tersebut, apalagi di tikungan akan melindungi para pengendara saat berselisihan dua arah,” ujarnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga menurut legislator Partai Persatuan () ini adalah, masalah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan rambu-rambu serta marka jalan.

“Karena PJU, rambu-rambu dan marka jalan ini merupakan hal yang penting juga, dengan tujuan untuk menekan angka laka bagi pengendara,” terangnya.

Kalau soal lampu PJU menurutnya, pemasangannya bisa diupayakan secara bertahap, dan untuk rambu-rambu yang sudah dipasang sebelumnya, tapi sudah mulai rusak termakan usia, harus diganti dengan yang baru, serta yang bagi jalan yang belum ada rambu-rambunya secepatnya dianggarkan.

“Begitu pula dengan marka jalan harus dibuat,” tandasnya, seraya berharap kepada dinas yang menangani masalah marka jalan ini, agar menggunakan cat yang benar-benar berkualitas.

Sehingga, ketahanannya tidak hanya beberapa bulan saja, tapi bisa berusia setahun lebih. (abu)