Pasca Pemilu 2024, Katingan Tetap Aman dan Kondusif

Budiman L Gaol

, – Pasca pemilihan umum () tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari Rabu (14/2) kemarin, seluruh wilayah Kecamatan di kondisinya tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Demikian kata Kasat Pol PP dan Damkarmat Kabupaten , Pimanto melalui sekretarisnya, Budiman L Gaol kepada sejumlah awak media, Kamis (15/2/2024), di ruang kerjanya.

Di hari pencoblosan (Hari H), Rabu (14/2) kemarin hingga penghitungan serta rekapitulasi hasil suara pemilu pada malam harinya tak ada gejolak sedikitpun. “Maksudnya, selama pelaksanaan pemilu di hari H kemarin berjalan damai, lancar, aman dan kondusif,” kata Budiman L Gaol.

Kendati dalam kondisi tetap aman dan kondusif, namun puluhan personil Satpol PP yang ditugaskan di 13 wilayah Kecamatan menurutnya tetap siaga di tempat tugasnya masing-masing yang bersinergi pula dengan aparat lainnya seperti dan .

“Mereka memang ditempattugaskan sampai berakhirnya rekapitulasi hasil pemilu di tingkat Kecamatan. Setelah itu, mereka kami tarik akan kami tugaskan untuk pengamanan saat pleno hasil pemilu di tingkat Kabupaten Katingan,” ujarnya.

Untuk menjaga agar kondisi Kabupaten Katingan tetap dalam keadaan aman dan kondusif, dirinya meminta pula kepada seluruh masyarakat Katingan, di mana pun berada, agar ikut menjaganya, baik di pasca pemilu maupun di saat pleno hasil rekapitulasi suara nanti. Begitu pula terkait hasil pemilu secara , kita harus bersabar menunggu pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga, pesta demokrasi lima tahunan yang kita laksanakan ini selalu dalam keadaan damai, lancar, aman, tertib dan kondusif, serta sukses selalu.

Selanjutnya, dirinya menegaskan kepada personil Satpol PP yang ditugaskan di masing-masing wilayah kecamatan agar tidak meninggalkan tugasnya sebelum hasil rekapitulasi tingkat kecamatan berakhir.

“Dengan harapan kondisi pasca pemilu tahun 2024 ini tetap dalam keadaan damai, aman dan selalu kondusif,” harapnya. (abu)