Pj Bupati Lantik Dunies B Gasan Sebagai Damang Katingan Hilir

, – Penjabat (Pj) Bupati Saipul, Kamis pagi (21/3/2024) bertempat, di aula kantor telah melantik dan sekaligus mengambil sumpah dan janji Dunies B Gasan sebagai Damang Kepala Adat .

Pj Bupati Katingan Saipul dalam sambutannya menjelaskan, sebagai Damang Kepala Adat, tugasnya cukup berat. Karena, di pundak Damang Kepala Adat ini terpikul beban dan tanggung jawab dalam penegakkan budaya ‘Rumah Betang’ dan ‘Belum Habadat’ (Hidup Beradat), dengan cara melakukan pemberdayaan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat serta lembaga adat.

“Khususnya di daerah Kabupaten Katingan, serta ikut menjaga kerukunan dan kedamaian antar golongan,” kata Saipul.

Memperhatikan tugas dan tanggung jawab yang cukup berat itulah, dirinya berharap kedudukan Damang ini sebagai mitra Camat dalam bidang pemberdayaan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat, kebiasaan masyarakat dan lembaga adat serta di wilayahnya tidak menjadi surut akibat terbatasnya sarana dan prasarana maupun Insentif yang diberikan oleh Pemkab Katingan.

Selanjutnya, dirinya juga mengingatkan kepada Dunies B Gasan agar bersikap dan berperilaku baik. Sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa tersisih dan ditinggalkan.

“Dengan berbekal hal itu, upayakan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif di wilayah saudara,” ingatnya, seraya lebih berharap lagi untuk bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah dan janji yang diucapkan.

Kemudian, akhir dari sambutannya, atas nama Pemkab Katingan dan atas nama pribadi, dirinya mengucapkan selamat kepada Dunies B Gasan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan, petunjuk dan kekuatan iman dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya,” ucapnya.

Hadir dalam prosesi Dunes B Gasan tersebut sebagai Damang Kapala Adat Kecamatan Katingan Hilir, diantaranya Camat Katingan Hilir, Lurah Kasongan Lama, Lurah Kasongan Baru, sejumlah Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Katingan Hilir dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan serta puluhan undangan lainnya. (abu)