Pj Bupati Pimpin Peninjauan Masyarakat Terdampak Banjir

BALANGANEWS, – Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful pimpin peninjauan masyarakat di beberapa wilayah hulu yang terdampak banjir, seperti di wilayah Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan dan Katingan Tengah, baru-baru tadi.

Sedangkan yang mengikuti dalam peninjauan tersebut, diantaranya kepala BPBD, Sapol PP dan Damkarmat, , , Polri, Dinkes lingkup Pemkab setempat beserta jajarannya masing-masing. Dalam peninjauan tersebut, dirangkai pula dengan pemberian ratusan paket sembako kepada masyarakat setempat yang terdampak banjir.

Pj Bupati saat dikonfirmasi terkait peninjauan dan pemberian ratusan paket sembako dimaksud, Jum'at (7/6/2024), kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa masyarakat setempat terdampak banjir pada saat itu benar-benar selalu tabah menghadapi banjir yang terjadi di daerahnya.

Meskipun sudah melihat keadaan korban banjir (mereka) seperti itu, namun perhatian semua jajaran Pemkab Katingan menurutnya tidak pernah kendor untuk selalu memberikan bantuan, baik moril, tenaga, pikiran maupun material. Buktinya dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), dan Damkarmat, sejumlah Camat dan jajarannya, Kades/Lurah beserta jajarannya, Kodim beserta jajarannya, Polres beserta jajarannya dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Katingan, serta para relawan lainnya, saat bencana banjir terjadi langsung melakukan berbagai bantuan.

“Bukan hanya bantuan tenaga dan pikiran saja, tapi ada pula yang membantu material, seperti kebutuhan pangan berupa paket sembako,” kata Saiful.

Begitu pula, ketika banjir ini terkirim ke bagian hilir kelak, dirinya berharap kepada masing-masing Camat agar selalu menginstruksikan kepada Kades-Kades-nya agar bisa menggunakan dana Desa guna melakukan penanganan masyarakat kita yang terdampak banjir.

Sementara, khusus dari Pemkab Katingan, lanjutnya, tengah mengupayakan dengan cadangan Pemkab Katingan yang ada saat ini untuk memberikan bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan mereka.

“Baik kebutuhan pokok maupun berupa pelayanan ,” harap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini. (abu)