Rumput di Bahu Jalan Kasongan – Tumbang Samba Rumputnya Mengganggu Pengendara

Ruas jalan Soekarno Hatta desa tumbang banjang-tumbang lawang Kecamatan Pulau Malan yang menjadi jalan satu-satunya menghubungkan antara Kasongan Kecamatan Katingan Hilir menuju Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah

, KASONGAN – Rumput dan pepohonan di bahu jalan Hatta, antara Kasongan Kecamatan menuju Timbang Samba Kecamatan dan Kecamatan Sanaman Mantikei sangat mengganggu pengendara.

“Baik pengendara roda dua maupun pengendara roda empat dan sejenisnya,” kata anggota DPRD Kabupaten Katingan, Budy Hermanto kepada sejumlah awak media, Rabu (19/6/2024), di ruang loby DPRD setempat.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Katingan agar membersihkan rerumputan dan pepohonan yang sudah beberapa bulan ini tidak pernah dibersihkan itu. Bahkan, di bahu kanan kiri jalan Baun Bango antara desa Hampalit Kecamatan Katingan menuju Desa Baun Bango , juga mengalami hal yang sama.

Padahal pembersihan rerumputan dan pepohonan di bahu jalan tersebut menurutnya sudah dianggarkan setiap tahunnya, yang anggarannya secara include dengan pemeliharaan jalan.

“Untuk itu, gunakanlah anggaran pemeliharaan jalan yang sudah dianggarkan itu untuk membersihkan rerumputan dan pepohonan yang dapat mengganggu pengendara di bahu kanan dan kiri jalan tersebut,” tegasnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, dirinya berharap kepada setempat agar mengurug tanah merah atau sejenisnya di bahu kanan dan kiri jalan tersebut. Pasalnya tidak jarang, pengendara mengalami laka lantas di jalan tersebut di saat pengendara dua arah berselisihan di jalan tersebut. Penyebabnya lantaran ketinggian antara badan jalan dengan bahu jalan tersebut cukup tinggi. Sehingga salah satu roda di bagian sebelah kiri mobil terperosok di bahu jalan.

“Lantaran tidak seimbang ketinggian antara badan jalan dengan bahu jalan tersebut,” terang legislator Partai Gerindra ini.

Sekedar diketahui, lanjutnya, baru-baru tadi dirinya mudik ke Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

“Saya menyaksikan sendiri, dan bahkan nyaris terperosok di bahu jalan. Penyebabnya, lantaran pada saat di tikungan, terlindung rerumputan yang panjang di bahu jalan yang saya lewati,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)