Dewan Minta Percepat Pembangunan

Muhamad Efendi

, – Muhamad Efendi, selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan agar mempercepat pekerjaan di semua bidang pekerjaan.

“Utamanya di bidang jalan,” tegasnya, yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at (13/7/2024) kemarin, di ruang loby DPRD setempat.

Pasalnya, yang kita lihat dan saksikan hingga memasuki triwulan III tahun anggaran 2024 ini, belum banyak yang mengerjakan pembangunan badan jalan di lapangan. Baik peningkatan jalan maupun perbaikan badan jalan.

Salah satu buktinya menurut Efendi, ada sejumlah program peningkatan infrastruktur badan jalan di sekitar jalan Soekarno Hatta – Kasongan, baik peningkatan, pengerasan maupun pengaspalan belum terlihat ada orang yang bekerja. Padahal, dua bulan yang lalu kabarnya sudah puluhan pekerjaan di salah satu dinas yang dilelang.

“Bahkan pemenang tendernya pun sudah ada. Namun, di jalan Soekarno Hatta itu tidak tampak ada orang yang mengerjakan peningkatan jalan atau pun pengerasan,” kata legislator Partai ini.

Jika terus berlarut-larut seperti ini, menurutnya, dikhawatirkan akan berdampak terhadap capaian dan kualitas pekerjaan serta serapan APBD tahun anggaran 2024 ini.

“Dampak ini lah yang tidak kita kehendaki,” ujar legislator ini.

Bicara tentang tidak tercapainya kualitas pekerjaan dimaksud menurutnya, tidak menutup kemungkinan, dan semuanya bisa saja terjadi, lantaran faktor terlambatnya melakukan pelelangan, melaksanakan pekerjaan dan lain sebagainya, baik yang tidak disengaja, maupun disengaja.

Oleh karena itu dirinya mengingatkan kembali kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memberi ketegasan kepada rekanan pemenang tender. Jika sudah selesai membuat dokumen Surat Perjanjian Kontrak (SPK), langsung melakukan pekerjaannya.

“Sehingga, pekerjaannya bisa secepatnya pula diselesai dengan kualitas baik,” ujar anggota dewan dua periode ini.

Selanjutnya, agar kualitas pekerjaannya bisa baik dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara baik pula, dirinya meminta kepada pengawas internal di OPD terkait dan pengawas eksternal (konsultan pengawas) yang dibayar melalui kontrak kerja. Karena’ pengawas pekerjaan merupakan salah satu penentu kualitas bangunan yang dikerjakan oleh rekanan. Oleh karena itu, pengawas harus bekerja sebaik mungkin.

“Sehingga, hasilnya pun dapat dirasakan dengan nyaman oleh seluruh masyarakat Katingan,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)