Kepala DLH Apresiasi Terhadap PUPR Tingkatkan Jalan Menuju TPA

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, Yobie Sandra

, – Kepala Dinas Hidup (DLH) , Yobie Sandra mengapresiasi terhadap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten , atas ditingkatkannya badan jalan dari jalan raya menuju jalan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Apresiasinya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin (9/9/2024).

Dengan ditingkatkannya badan jalan dari jalan raya Tumbang Samba menuju TPA yang saat ini sudah selesai pengerjaannya menurutnya akan mempermudah petugas dalam penanganan sampah. Maksudnya, petugas bisa langsung mengangkut sampah dengan menggunakan truk dari TPS ke TPA. “Bahkan pengangkutannya pun bisa berulang-ulang. Karena, badan jalannya sudah nyaman dilewati,” kata Yobie Sandra.

Kalau sebelumnya menurut Yobie, pengangkutannya sering mengalami kendala, lantaran badan jalannya hanya berupa tanah saja. Sehingga, jika tiba musim penghujan, badan jalan menuju TPA itu selalu becek dan sulit untuk dilewati. “Hal ini tidak terlepas pula berkat koordinasi dan sinkronisasi yang kita jalin bersama Dinas PUPR Kabupaten Katingan selama ini,” akunya.

Di tempat terpisah, atas nama masyarakat Katingan Tengah dan atas nama pribadi, Purwoko selaku Camat setempat mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Dinas PUPR Kabupaten Katingan pada khususnya dan kepada Pemkab Katingan pada umumnya yang telah menganggarkan peningkatan badan jalan menuju lokasi TPA pada tahun anggaran 2024 ini. Bahkan penyelesaiannya pun bisa secepat mungkin.

Dengan sudah bisa dimanfaatkannya badan jalan tersebut, dirinya berharap para petugas bisa dengan mudah mengangkut sampah dari TPS ke TPA tersebut. “Sehingga, sampah-sampah di semua TPS yang ada di Tumbang Samba bisa terangkut semua,” harap mantan Camat ini.

Terkait peningkatan badan jalan dimaksud sebelumnya, Hesron selaku kabid Cipta Karya di Dinas PUPR Kabupaten Katingan mengatakan, bahwa badan jalan dari jalan raya Tumbang Samba menuju kawasan TPA tersebut sudah selesai 100 persen dan bisa dimanfaatkan untuk prasarana mengangkut sampah dari TPS ke TPA tersebut. “Badan jalan tersebut dianggarkan melalui APBD Pemkab Katingan tahun anggaran 2024, dengan jumlah anggaran sekitar Rp 1,4 miliar. Sedangkan panjang jalan sekitar 450 meter, langsung pengaspalan,” kata Hesron. (abu)