Kormi Bangga dan Mengapresiasi KJS di Katingan

, – Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten , Endang Susilawatie mengaku bangga dan sangat mengapresiasi keberadaan Klub Jantung Sehat (KJS) Kabupaten Katingan, yang selama ini selalu eksis melakukan latihan senam jantung sehat. Setidaknya, satu kali dalam sepekan, di lapangan Sport Center – Kasongan.

Pengakuannya ini disampaikannya saat dirinya diberikan kesempatan dari panitia pelaksana (panlak) pada puncak peringatan Hari Jantung Sedunia (HJS) oleh Sriyati, sekaligus menggelar senam bersama ratusan peserta dari 13 KJS di 13 wilayah Kecamatan se Kabupaten Katingan, Sabtu pagi (21/9/2024), di halaman Sport Center – Kasongan.

Pasalnya menurut Endang, di samping keberadaannya terbentuk di 13 wilayah Kecamatan, latihannya pun rutin dilaksanakan setiap pekan, yaitu setiap hari Sabtu pagi, meskipun hanya menggunakan lapangan terbuka, yaitu di halaman Sport Center – Kasongan. “Hal ini patut menjadi panutan oleh klub-klub olahraga lainnya. Karena’ di samping dapat menjaga kesehatan, juga sangat membantu program pemerintah dalam jiwa dan dan raga masyarakat Katingan pada umumnya,” kata Endang.

Kormi menurut Endang, sebagai mitra pemerintah dalam rangka memfasilitasi dan mediasi serta memotivasi dunia olahraga pada pencapaian prestasi maksimal. Oleh karena Kormi sebagai  mitra pemerintah dan merupakan organisasi kepanjangan tangan pemerintah, tentu saja Kormi bertanggung jawab untuk membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan olahraga rekreasi masyarakat.

Selanjutnya, terkait dengan untuk pelatihan KJS selama ini menurutnya, Kormi hanya membantu pembinaan saja. Sedangkan untuk latihan setiap pekan atau pun mengikuti momen-momen tertentu ditanggung secara swadaya di masing-masing KJS. Baik KJS tingkat Kabupaten, KJS tingkat Kecamatan maupun KJS tingkat Desa dan Kelurahan. “Maksudnya, jika melaksanakan latihan setiap pekan atau setiap bulan, biayanya selalu ditanggung bersama,” ungkapnya.

Adapun sarana dan prasaran yang digunakan untuk latihan, lanjutnya, mereka selalu difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan, , Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Katingan. Sedangkan untuk bantuan lainnya dari , bukan hanya untuk KJS saja, tapi juga untuk olahraga lainnya, Kormi selalu berupaya untuk menyampaikan aspirasi mereka. “Sehingga, semua organisasi olahraga senam dan para pegiat olahraga kebugaran di bumi Penyang Hinje Simpei ini dapat berjalan baik dan rutin sepanjang masa,” harap salah seorang bakal calon Wabup di Kabupaten Katingan ini. (abu)