Kepala DLH : Selamat Kepada SDN 4 Kasongan Lama, Raih Juara I Kebersihan

, – Selain ucapan selaman dan terimakasih, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yobie Sandra, juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kasongan Lama yang berdomisili di Jalan Jambu Komplek Jalan Hatta Kasongan, yang berhasil meraih juara pertama dalam lomba kebersihan lingkungan sekolah se Kecamatan 2024. Apresiasi ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, belum lama ini.

Penilaian yang diberikan kepada juara pertama untuk SDN 4 Kasongan kepada juara kedua dan kepada juara ketiga serta juara harapan lannya menurut Yobie Sandra, meskipun tim penilainya hanya dari DLH setempat, namun bersifat independen dan tidak sembarangan dalam menilainya “Penilaian sesuai kreteria yang digunakan,” kata Yobie Sandra.

Sekedar diketahui, menurut Yobie Sandra, lomba yang digelar ini adalah, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 79 dan sekaligus HUT ke 22 Kabupaten Katingan yang diikuti oleh puluhan SD, SMP dan SMA dari seluruh sekolah se Kabupaten Katingan.

Sedangkan kriteria penilaian, diantaranya tentang kebersihan kelas, halaman sekolah, pengelolaan , hingga ketersediaan dan kebersihan fasilitas umum seperti toilet dan tempat cuci tangan. “Setelah dikumpulkan nilainya dari tim penilai, maka SDN 4 Kasongan berhasil unggul di semua aspek penilaian, terutama dalam pengelolaan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan dan asri, terangnya.

Dengan prestasi yang diraih oleh ini, dirinya berharap dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan sehat. “Semoga di tahun depan bisa kita gelar kembali lomba ini, untuk tingkat Kabupaten Katingan, yang pesertanya seluruh sekolah di Kabupaten Katingan,” janji mantan Camat Katingan Hilir ini.

Di tempat terpisah kepala SDN 4 Kasongan Lama, Dora saat diminta responnya, dirinya mengucapkan terima kasih bercampur bangga atas keberhasilan sekolah yang dipimpinnya berhasil meraih juara pertama dalam lomba kebersihan di tahun 2024 ini.

Berhasilnya SDN 4 Kasongan Lama sebagai juara pertama kali ini menurut Dora sebenarnya bukan keberhasilan dirinya. “Tapi merupakan hasil kerja keras seluruh siswa dan para guru hingga staf yang setiap harinya selalu menjaga dan merawat lingkungan SDN 4 Kasongan Lama ini, agar selalu tetap dalam keadaan bersih dan asri,” aku Dora.

Selain itu, lanjutnya, didukung pula oleh program-program kebersihan yang secara rutin dilakukan di SDN 4 Kosongan Lama ini. Salah satunya memungut sampah sebelum memasuki ruangan sekolah, yang melibatkan seluruh peserta didik dan guru. “Selain itu, kami juga menerapkan sistem pengelolaan sampah yang baik, dengan memilah sampah organik dan anorganik,” terangnya, seraya mengajak kepada seluruh siswa dan siswinya untuk terus menjaga keberhasilan ini, dan menjadikan kemenangan sebagai motivasi untuk berprestasi di berbagai bidang lainnya. (abu)