Debat Perdana Tiga Paslon Bupati dan Wabup Digelar 23 Oktober 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Wahyuni

BALANGANEWS, – Debat Perdana pemilihan kepala daerah () Tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wabup digelar pada hari Rabu, 23 Oktober 2024 yang akan datang, di ruang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , yang dimulai sekitar pukul 10.00 wib hingga selesai. Demikian kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Wahyuni yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at (18/10/2024).

Debat nantinya menurut Wahyuni, akan diikuti oleh tiga paslon Bupati dan Wabup Katingan, yakni nomor urut 1 atas nama Sakariyas dan Endang Susilawatie, nomor urut 2 atas nama H Suhaemi dan Nikodemus dan nomor urut 3 atas nama Saiful dan Furdaus.

Sedangkan pelaksanaan debatnya, lanjutnya, meskipun di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Katingan, namun masyarakat umum dapat pula menyaksikannya jalannya debat melalui siaran langsung melalui platform Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kalteng. “Jadi, debat yang akan kita laksanakan secara terbuka untuk publik. Namun, masyarakat bisa melihat tayangannya langsung di cannel TVRI Kalteng,” terangnya.

Menjawab pertanyaan media tentang perumusan debat, menurut Wahyuni, KPU Kabupaten saat ini sudah memiliki tim perumus, terutama dari akademisi, tokoh masyarakat dan pemerintah. Dibantu pula oleh tim finalis, seperti akademisi dari Universitas (), Universitas Palangkaraya (UMP) dan dari .

Sedangkan terkait jumlah massa yang dibawa oleh masing-masing paslon ke dalam ruangan debat menurutnya, sampai hingga hari ini masih belum ditentukan. Karena, mengingat kapasitas ruangan paripurna DPRD ini terbatas. “Intinya, untuk massa yang diperbolehkan masuk ke ruangan debat akan kita tentukan kemudian,” tuturnya, seraya berharap pelaksanaan debat perdana nantinya berlangsung lancar, aman, tertib, sukses dan kondusif. (abu)