Masih 100 Orang Masyarakat Katingan Ditunda Menjalani Swab

kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr. Robertus Pramuryanto, MSi
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr. Robertus Pramuryanto, MSi

BALANGANEWS, – Meningkatnya masyarakat Katingan yang diduga tertular wabah Corona (Covid-19), sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan lakukan swab terhadap mereka. Demikian yang diungkapkan kepala Dinas dr Robertus Pramuryanto MSi kepada sejumlah media, Selasa pagi (22/12/2020) di ruang kerjanya.

Kalau sebelumnya sudah puluhan orang, masyarakat Katingan yang sudah menjalani swab dan hasilnya ada yang negatif dan ada pula puluhan orang yang positif Covid-19. Khusus bagi yang hasilnya positif tapi berat saat ini diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar – Kasongan.

“Tapi, yang positif tapi ringan diisolasi di hotel Katingan,” sebut Robert.

Terkait dengan isolasi dimaksud, dalam hal ini tidak menjadi keharusan bagi pasien Covid-19 yang positif ringan dan orang tanpa gejala (org) diisolasi di hotel Katingan. Maksudnya, bisa saja .

“Tapi isolasi secara ketat oleh pihak keluarganya,” terangnya.

Menjawab pertanyaan media, dirinya mengakui bahwa ada sekitar 100 orang lagi masyarakat di kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan yang akan menjalani swab.

Tadinya, lanjutnya, pekan lalu melalui dinas yang dipimpinnya saat ini sedang berencana untuk melakukan swab sebanyak 100 orang tersebut.

“Namun, lantaran hasil swab beberapa hari yang lalu masih belum kita terima dari petugas laboratorium di RSUD dr , sehingga 100 orang akan dilakukan swab tersebut ditunda. Bukan dibatalkan, tapi hanya ditunda saja,” jelas mantan direktur RSUD Mas Amsyar ini. (abu)