Tasik Payawan Butuh Perbaikan Jalan

Eterly, Riming dan Firdaus, foto bersama masyarakat Desa Luwuk Kanan, Kecamatan Tasik Payawan, saat reses ke desa tersebut, pekan lalu

, KASONGAN – Dari hasil reses pekan kemarin, khusus untuk daerah pemilihan (dapil) II, masyarakat di beberapa desa yang ada di butuh perbaikan dan peningkatan jalan.

Demikian yang dikatakan Eterly, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten asal dapil II yang meliputi wilayah , , Kamipang dan Tasik Payawan ini kepada sejumlah media, Minggu siang (7/2/2021) tadi.

Pasalnya, ada puluhan titik jalan di sejumlah desa antara Kecamatan Tasik Payawan menuju beberapa desa di tersebut yang rusak, dari kerusakan ringan, sedang hingga terparah.

“Kerusakan badan jalan tersebut, salah satu penyebabnya adalah yang berulang-ulang dalam satu tahun, antara tahun 2019 hingga tahun 2020 yang lalu sampai dua hingga tiga kali banjir,” terang Eterly.

Kerusakan badan jalan di beberapa desa dan kecamatan di dapil II itu disampaikan masyarakatnya ketika dirinya melakukan reses ke daerah tersebut.

“Aspirasi ini saya tampung, dan akan saya sampaikan di dalam forum nanti, baik di paripurna maupun di saat pembahasan bersama eksekutif kelak,” janjinya.

Karena, aspirasi yang disampaikan mereka (masyarakat setempat) itu menurutnya memang benar-benar dibutuhkan. Sehingga ia berpendapat, apa yang disampaikan mereka bisa menjadi skala prioritas.

Kesimpulannya, aspirasi yang disampaikan mereka, sungguh dibutuhkan. Karena, masalah jalan (darat) saat ini merupakan prasarana vital bagi masyarakat setempat, guna melakukan berbagai aktivitas. Dari rumah menuju tempat aktivitasnya ke lahan pertanian, perkebunan maupun ke tempat kerja lainnya.

Jika badan jalan dengan kondisi rusak, apa lagi tidak bisa dilewati, lanjutnya, masyarakat setempat tentu saja tidak menunaikan kewajibannya sebagai kepala rumah tangga untuk beraktivitas.

“Tapi, jika jalan tersebut dalam kondisi baik, bukan beraktivitas saja yang lancar, tapi ekonomi masyarakat setempat juga bertambah meningkat,” aku anggota dewan asal dapil Katingan II ini. (abu)Â