Puskesmas/Pustu yang Rawan Banjir Harusnya Memiliki Kelotok

SAVE 20220327 182434
Aldy

BALANGANEWS, – Sebaiknya masing-masing Puskesmas dan Pustu di Kabupaten memiliki Kelotok, untuk alat hilir .

Demikian usul dan harapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Aldy A yang ditujukannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas (Dinkes) setempat, dan diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Kamis pagi (26/1/2023).

Pengadaan kelotok ini menurut Aldy tidak untuk semua Puskesmas dan tidak pula untuk semua Pustu. “Yang jelas, hanya untuk Puskesmas dan Pustu, yang daerahnya rawan saja,” kata Aldy.

Sebab, setiap banjir di daerah tersebut menurut Aldy dipastikan ada sejumlah warga/masyarakat yang sakit. Sedangkan untuk berobat ke Puskesmas atau ke Pustu, daerah dalam keadaan banjir. Sehingga masyarakat setempat tidak bisa berobat lantaran tidak memiliki kelotok sebagai alat transportasinya. Tapi, dengan adanya kelotok di Puskesmas tersebut maka petugas medis atau nakes tetap dapat memberikan pelayanannya kepada masyarakat setempat dengan cara mendatangi pasien tersebut. “Meskipun daerah tersebut dalam keadaan banjir,” ujarnya.

Bahkan, dengan kelotok itu pula, meskipun daerah tersebut tidak di situasi banjir, nakes yang ditugaskan di Puskesmas atau di Pustu itu bisa pula menggunakannya sebagai alat transportasi dari Pustu ke Puskesmas dan dari Puskesmas ke Kasongan untuk menghadiri undangan Kepala Dinas, Bupati, Wabup atau Sekda. “Sehingga, dapat meminimalisir pengeluaran atau biaya transportasi,” terang legislator Partai Kebangkitan Bangsa () ini.

Selanjutnya, untuk anggaran pengadaan kelotok dimaksud menurutnya bisa saja diusulkan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan atau bisa pula dengan caranya masing-masing Puskesmas dan Pustu, dengan berbagai inovasi dan terobosan.

“Sehingga, masing-masing Puskesmas dan Pustu bisa memiliki Kelotok dimaksud,” tambah anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah , Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (abu)