Dewan Sampaikan Usulan Masyarakat Terkait Alat Tangkap Ikan dan Pertanian

WhatsApp Image 2023 03 31 at 3.43.48 PM
Firdaus, ST

, KASONGAN – Baru-baru tadi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar paripurna penyampaian hasil reses di tiga dapil, yakni dapil I, dapil II dan dapil III, di ruang paripurna DPRD setempat.

Adapun puluhan usulan yang disampaikan oleh masyarakat di dapil II yang meliputi wilayah , Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala, yang cukup banyak diusulkannya itu adalah alat tangkap ikan dan bidang . Hal ini berdasarkan hasil reses yang dibacakan oleh jurubicara dapil II, Firdaus, ST.

Adapun masyarakat di empat Kecamatan yang mengusulkan pengadaan alat tangkap ikan dimaksud, diantaranya pengadaan alat mesin Ces, yang diusulkan oleh masyarakat Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang, pengadaan mesin Ces 16 Hp sebanyak 17 unit dan alat tangkap ikan lainnya dari masyarakat Desa Tumbang Runen Kecamatan Kamipang, pengadaan alat tangkap ikan Ces 16 Hp sebanyak 17 unit atas usul masyarakat Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang.

Selanjutnya, usul pengadaan mesin Ces 16 Hp sebanyak 17 unit dari masyarakat Desa Karuing Kecamatan Kamipang, pengadaan mesin Ces untuk kelompok masyarakat di Desa Perupuk Kacamata kamipang, pengadaan alat perikanan mesin Ces 6,5 Hp untuk kelompok nelayan di Desa Telaga, Desa Tampelas dan Desa Galinggang Kecamatan Kamipang.

Kemudian, usulan mesin Ces 9 Hp sebanyak 23 unit dari masyarakat dan 23 unit dari masyarakat Desa Galinggang Kecamatan Kamipang.

“Memang kebutuhannya sesuai dengan kebanyakan aktivitas masyarakatnya menangkap ikan, baik ikan sungai, ikan darat maupun ikan laut,” terang Firdaus.

Sedangkan untuk peralatan di bidang Pertanian, masyarakat yang mengusulkan diantaranya di beberapa Desa Kecamatan Mendawai dan . Untuk pengadaan alat pertanian,  bantuan pupuk, bibit dan kain mosa ini memang sesuai dengan sebagian besar aktivitas masyarakat setempat. “Yakni, sebagai ,” sebut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini. (abu)