Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan

Whatsapp Image 2024 01 07 At 8.21.21 Am

BALANGANEWS, – Gubernur Kalimantan Tengah () H. menyerahkan bantuan sosial fungsi pendidikan Kalteng Berkah kepada 5641 mahasiswa.

Secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Kalteng pada Launching Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan () Kalteng Berkah kepada mahasiswa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), di Patung Jelawat Kota Sampit, Kotim, Sabtu (6/1/2024).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Gubernur mengatakan, pada tahun 2023 Bidikmisi Kalteng Berkah akan disalurkan sebesar 1,5 juta rupiah per mahasiswa, dan Bidikmisi Kalteng Berkah untuk tahun 2024 sebesar 5 juta per mahasiswa.

“Dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 42.243 orang dari 31 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Kalteng, dan sekitar 10 persen adalah pendatang dari Papua dan Sumatera,” ucapnya.

Gubernur menegaskan, pendidikan itu sangat penting, oleh karena itu kegiatan pertemuannya dengan mahasiswa ini dimaksudkan untuk membentuk mahasiswa yang sanggup bertarung dalam kehidupan, punya tekad dan keberanian, serta punya akhlak dan karakter sehingga nantinya terbentuk generasi-generasi Kalteng unggul dan maju menuju Kalteng yang bermartabat.

“Nantinya 20 tahun ke depan anak-anak Kalteng tidak kalah dengan anak-anak dari provinsi lain atau dari luar negeri,” tegas Sugianto Sabran.

Dirinya juga secara tegas menekankan kepada seluruh mahasiswa, agar tidak menyentuh dan minuman keras, serta tidak menikah di usia muda.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala (Disdik) Provinsi Kalteng, M. Reza Prabowo menambahkan, penyaluran bantuan sosial kepada mahasiswa ini bertepatan dengan akan dimulainya aktivitas pendidikan mahasiswa pada tanggal 29 Januari 2024 di perguruan tinggi masing-masing.

Selanjutnya, terkait dengan beasiswa yang disalurkan oleh Gubernur Kalteng untuk para mahasiswa pada jenjang S-1 dengan total sebanyak 5.641 orang adalah jumlah hasil verifikasi dari total jumlah kuota yang disiapkan sebanyak 6.800 untuk seluruh mahasiswa se Kalteng.

“Tujuan bapak Gubernur memberikan beasiswa ini, ingin beasiswa ini betul-betul tepat sasaran dan tepat guna. Total bantuan yang disalurkan oleh Bapak Gubernur sore hari ini untuk seluruh mahasiswa-mahasiswi se-Kalteng adalah senilai 8.641.500.000 miliar,” katanya.

Pada kesempatan ini pula Gubernur Kalteng memberikan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 2000 paket secara gratis kepada mahasiswa di Kotim.

Dari 5.641 orang mahasiswa, terdapat 572 mahasiswa Kotim dari 6 perguruan tinggi yaitu Universitas Darwan Ali Sampit, STIH , STIE Sampit, Akbid Sampit, STKIP Muhammadiyah Sampit dan Politeknik Sampit. (asp)