Gerdayak Gelar Peringatan HUT ke-14 dan Rapimnas 2024 di Kotim

, KOTAWARINGIN TIMUR – Gerakan Pemuda Dayak () menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) pada Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Tengah (), Katma F. Dirun, yang hadir mewakili H. .

Dalam sambutannya, Katma menyampaikan ucapan selamat dari Gubernur H. Sugianto Sabran kepada Gerdayak Indonesia, yang telah berusia 14 tahun.

“Gubernur mengucapkan selamat ulang tahun ke-14 untuk Gerdayak Indonesia. Semoga terus maju, semakin besar, dan memiliki komitmen yang konsisten dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) generasi muda Suku Dayak untuk mengembangkan potensi dan kualitas diri,” kata Katma.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada Gerdayak atas kerja samanya dengan pemerintah dalam membangun Provinsi Kalimantan Tengah.

“Diharapkan Gerdayak dapat terus meningkatkan citra dan partisipasinya dalam mendukung berbagai program strategis di Provinsi Kalimantan Tengah,” jelas Katma.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia, Yansen A. Binti, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kesiapan dalam menghadapi perubahan, baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Kemajuan teknologi memaksa kita untuk siap memanfaatkan teknologi dengan baik. Jika tidak, kita harus siap menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh kemajuan tersebut,” ungkap Yansen.

Yansen menekankan bahwa teknologi harus digunakan untuk kemajuan daerah dan bangsa.

“Jika teknologi digunakan untuk hal-hal negatif, maka kita sendiri yang akan dirugikan. Saya berharap SDM generasi muda Suku Dayak terus berkembang dalam memanfaatkan teknologi untuk kemajuan daerah, sehingga kita dapat sejajar dengan provinsi lain atau suku lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Wim RK Benung, menjelaskan dasar pelaksanaan acara ini berdasarkan surat keputusan Ketua DPD Gerdayak Nasional tanggal 18 Maret 2004 tentang susunan panitia peringatan HUT ke-14 Gerdayak Indonesia tahun 2024.

“Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 5-6 Juli 2024 di , Kotawaringin Timur, dengan perkiraan peserta undangan sekitar 500 orang. Pembiayaan kegiatan dibantu oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Gerdayak Kabupaten Kotawaringin Timur, perusahaan , perusahaan lainnya dari Kota Sampit, para donatur, serta sumbangan pihak ketiga yang tidak mengikat,” tambahnya.

Dengan dukungan berbagai pihak, diharapkan acara ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi kemajuan Gerdayak dan masyarakat Kalimantan Tengah. (asp)