Pemkab Mura Komitmen Dukung Dalam Pengendalian Laju Inflasi

, – Pejabat Bupati Murung Raya (Mura), Hermon menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, terkhusus Dinas dan (Distanik) terus berupaya menekan laju .

Salah satunya adalah Gerakan Tanam Cabai sebanyak yang dilaksanakan di lima kecamatan, yaitu , , Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Tanah Siang Selatan dan Kecamatan Permata Intan.

“Dikarena cabai termasuk salah satu komoditas penyebab inflasi tinggi di Kabupaten Murung Raya, maka 1.600 bibit tersebut akan dibagikan secara gratis beserta polybagnya kepada dan masyarakat Murung Raya,” ucapnya saat menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Cabai di Desa Danau Usung, Sabtu (3/2/2024).

Hermon berharap, melalui momen kegiatan itu, pihaknya bisa berkomitmen untuk mendukung dan membantu penurunan laju inflasi khususnya pada komoditas cabai di Kabupaten Murung Raya.

Sementara, Plt. Kepala Distanik Kabupatan Mura, Reyzal Samat, menyampaikan pada tahun 2023 Distanik Mura telah melaksanakan 2 Kegiatan Pengendalian Inflasi yaitu Kandang Penyangga Ayam Petelur dengan Kapasitas 1.000 ekor serta total produksi 7,3 Ton/Thn, dan Kandang Penyangga Ayam Pedaging dengan Kapasitas 1.000 ekor 6,3 Ton/Thn.

Selanjutnya, pada tahun 2024 ini pihaknya juga kata Reyzal, berencana melaksanakan 7 Kegiatan Pengendalian Inflasi yaitu Kandang Penyangga Ayam Petelur dengan Kapasitas 1.000 ekor, Kandang Penyangga Ayam Pedaging dengan Kapasitas 2.000 ekor, Demplot Ayam Petelur Kecamatan Murung dengan Kapasitas 1.000 ekor.

“Kemudian, Demplot Ayam Petelur Kecamatan Laung Tuhup dengan Kapasitas 1.000 ekor, Kolam penyangga, Gerakan Tanam Cabai varietas Bara dan Maruti sebanyak 10.000 bibit dan Pasar Tani yang rencananya akan digelar di halaman kantor Dinas Pertanian dan Perikanan setiap hari Jumat,”tandasnya. (asp)