Asisten I Setda Mura Membuka Pemilihan Bakah Bawe Pariwisata Mura Tahun 2024

, PURUK CAHU – Melalui Dinas , Olah Raga dan (DKOP), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Pemilihan Bakah Bawe atau Putra Putri Pariwisata Kabupaten Mura Tahun 2024.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Asisten I Setda Mura, Sarampang yang mewakili Penjabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Mura Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr. Hermon, yang digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang Komplek Perkantoran Pemda Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung Kota Puruk Cahu, pada Rabu (17/4/2024) malam.

Turut hadir Pj. Ketua TP – PKK Mura, Ny. Melsi Hermon, sejumlah Kepala Lingkup Pemda Mura, Camat se – Mura, peserta Bakah Bawe dari wilayah Kecamatan dan para tamu undangan lainnya.

Asisten I Setda Mura, Serampang, saat membacakan sambutan Pj. Bupati mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diharapkan bisa menjadi prasarana interaktif dalam upaya pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan pada generasi muda untuk menjadi figure yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan dan pariwisata milik Mura secara berkelanjutan.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung sepanjang kegiatan ini bersifat positif dan mampu memberikan wadah bagi pembinaan generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Dan kami juga berharap melalui event Pemilihan Bakah Bawe Pariwisata kali ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menguatkan citra positif di bidang pariwisata untuk mendongkrak perekonomian daerah khususnya perekonomian di Daerah Kabupaten Murung Raya yang kita cintai ini,” sampainya.

Selanjutnya, ia menyampaikan dalam konteks pelaksanaan Pemilihan Bakah Bawe Pariwisata se – Mura ini, seluruh peserta dapat perkompetisi sehat dengan tetap menjunjung tinggi nilai norma dan istiadat kita. Sehingga memperoleh banyak manfaat guna kemajuan Pariwisata di daerah pada khususnya serta di Kalteng pada umumnya. Dan juga kepada panitia maupun dewan juri selama pelaksanaan kegiatan ini, berharap mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional dan adil sehingga event ini berjalan baik dan lancar.

Sementara itu di tempat dan waktu yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (DKOP) Mura, Srikaryawati dalam laporannya menyampaikan, Kabupaten Murung Raya merupakan daerah yang memiliki banyak objek daerah yang tidak kalah menarik dibanding daerah lainnya.

Lanjutnya, melalui Dinas terkait melakukan penjaringan bakat dan potensi pemuda – pemudi yang ada di daerah di 10 (sepuluh) Kecamatan. Namun yang lolos seleksi adalah peserta yang mewakili daerah yang terdiri atas 8 (delapan) Kecamatan dan dari 1 (satu) Umum. Sehingga jumlah peserta sebanyak 18 (delapan belas) orang.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mengembangkan potensi bakat, mengasah kreativitas dan kecerdasan pada generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata di Kabupaten Murung Raya, sekaligus ajang seleksi untuk mengikuti Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya,” jelas Srikaryawati.

Tambahan informasi, acara Pembukan Pemilihan Bakah Bawe tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten I Setda Mura Serampang.

Sedangkan untuk pelaksanaannya dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu mulai dari tanggal 16 sampai dengan 18 April 2024. (Sam)