Murung Raya

Pemkab Mura Melalui Disdikbud Akan Gelar Seminar Nasional Program Awan Penggerak

, PURUK CAHU – Semenjak dirancang untuk mulai dikembangkan dari tahun 2022 dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan beberapa kali diskusi tepatnya di bulan Februari 2023 tahun lalu.

Sehingga disepakati oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, , Riset dan Teknologi () Program atau Sistem Awan Penggerak sebagai gerakan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di daerah – daerah yang masih terkendala dan belum memiliki infrastruktur telekomunikasi atau jaringan internet.

Dari data – data yang berhasil dihimpun Balanganews.com di lapangan, Program atau Sistem Awan Penggerak secara khusus mulai diujicoba oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbudristek pada tahun ini di berbagai sekolah di 6 (enam) Provinsi di Indonesia yaitu Provinsi Barat, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Aceh.

Namun, secara umum mulai dari tahun ini telah dapat disosialisasikan kepada pengguna atau para guru melalui seminar dan lain – lain. Bahwa Program atau Sistem Awan Penggerak yang dirancang oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbudristek, untuk membantu dan memudahkan guru – guru di wilayah khusus yang letak satuan pendidikan tempatnya bertugas di daerah – daerah yang masih memiliki kendala atau belum memiliki jaringan internet dalam mengakses materi yang ada di dalam platform Merdeka Mengajar dan juga sumber – sumber lain secara luring.

Untuk itu, dalam mendukung program atau sistem Awan Penggerak yang dirancang oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbudristek dalam membantu guru – guru di wilayah khusus untuk belajar.

Maka, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya (Mura) akan menggelar Seminar dengan tema “Mewujudkan Pendidikan Kekinian Yang Bermutu Melalui Gerakan Membangun Ekosistem Belajar Yang Saling Menguatkan Dengan Pemanfaatan Program Awan Penggerak Untuk Menuju Murung Raya Emas 2030”.

Rencana Seminar Nasional tersebut diketahui Balanganews.com pada saat bertandang langsung ke Kantor pada kemarin, Selasa (30/4/2024) pagi waktu setempat.

Kadisdikbud Mura, Ferdinand Wijaya, S.Pt., M.AP melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan, Elmorita Herlina, SP., M.AP menyampaikan langsung, membenarkan terkait dengan pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional tersebut.

“Seminar Nasional telah kami jadwalkan dan finalkan, dilaksanakan pada hari, Jum'at (3/5/2024) dimulai dari pagi pukul 09.00 WIB hingga selesai dan mengambil tempat di Aula Lt. II Kantor Disdikbud Kab. Mura,” imbuhnya kepada Balanganews.com.

Tambahnya lagi, sebagai Narasumber pada kegiatan Seminar Nasional yang dibuka langsung oleh Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kab. Mura, Dr. Hermon, nanti ada 4 (empat) Narasumber.

“Ke 4 (empat) Narsum tersebut pertama – tama adalah Ibu Komalasari, M.Pd jabatan Direktur PAUD Kemendikbudristek RI, Anggota DPR RI Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M., Kepala BPMP Prov. Kalteng Dr. Tomy Haridjaya, S.Sos., M.M dan Kepala BGP Prov. Kalteng, I Ketut Sukajaya, S.Pd., M.Pd,” tutup Elmorita. (Sam)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks