Staf Ahli Bupati Murung Raya Buka Bimtek PLTS dan PJU-TS untuk 74 Peserta dari 37 Desa

, Mewakili Pemerintah Daerah, Staf Ahli Bupati Rahmat K Tambunan secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Hemat (LSTHE) dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Gedung Pertemuan Umun (GPU) Tira Tangka Balang, Senin (20/5/2024) pagi.

Menurut laporan Kepala Bagian dan SDA Setda Kabupaten Murung Raya Jayadie Y Dadi ia menyebutkan sebanyak 74 orang dari 37 Desa se-Kabupaten Murung Raya mengikuti Bimtek tersebut.

Tujuan dari Bimtek ini untuk memberikan pengenalan, pemahaman, dan teknis pengelolaan PLTS, LTSHE dan PJUTS kepada peserta Bimtek dari desa – desa di Kabupaten Murung Raya.

“Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat desa sebagai calon penerima pengelola bantuan PLTS, LTSHE dan PJU TS sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan peruntukannya dan dapat berfungsi sesuai batas waktu standarnya 4-5 Tahun,” kata Jayadie Y Dadi.

Adapun narasumber yang dihadirkan untuk memberikan Bimtek yaitu Widyaiswara Ahli Madya dari Kementrian ESDM RI Ir. Arief Indarto NM, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah Ferryanson dan Puji Lestariano dari PT. Santini Lestari Energi Indonesia.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Murung Raya Rahmat K Tambunan menyebutkan karena kondisi dan topografi yang rumit antar wilayah di Kabupaten Murung Raya tidak memungkinkan semua desa bisa terjangkau oleh jaringan listrik .

Sehingga sebagai jalan keluarnya untuk sementara waktu maka Pemerintah Provinsi melalui Program Dinas ESDM Provinsi memberikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk rumah penduduk berupa Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya memberikan Bantuan PLTS berupa (LTSHE) untuk Fasilitas Umum / Khusus dan PJUTS melalui Program Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya.

Adapun rencana bantuan LTSHE dari Program ESDM Provinsi Kalimantan Tengah untuk Kabupaten Murung Raya tahun 2024 sebanyak 24 Desa yang tersebar di kecamatan – kecamatan dengan total 3.345 unit.

Dan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Raya program bantuan bantuan LTSHE untuk Fasus/Fasum dan PJUTS tahun anggaran 2024 ditujukan untuk Desa Muara Babuat (LTSHE), Pantai Laga (LTSHE), Baratu (LTSHE), Takajung (PJUTS), Tumbang Olong I (LTSHE/PJUTS), Tumbang Olong II (LTSHE/PJUTS), Tumbang Molut (PJUTS) dan Olung Liku (LTSHE).

Oleh karenanya Staf Ahli Bupati Murung Raya menghanturkan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memberikan perhatian dan bantuan Lampu Tenaga Surya (LTSHE) melalui Program Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka peningkatan Rasio Desa Berlistrik di Kabupaten Murung Raya.

Ia juga berharap dengan adanya tenaga teknis keluaran pelatihan ini dapat membantu menangani PLTS/LTSHE/PJUTS masing sehingga kerusakan di Desa masing – masing tidak perlu lagi mengundang tenaga teknis dari ESDM provinsi apalagi dari Kementrian ESDM.

“Dengan adanya bantuan lampu tenaga surya ini dapat memberikan penerangan di rumah warga dan dapat menunjang kegiatan dan aktivitas warga di malam hari terutama anak-anak bisa belajar dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan nya,” ucap Staf Ahli Bupati Murung Raya Rahmat K Tambunan (USW)