273 Kontingen Mura Berangkat ke Palangkaraya untuk Festival Budaya Isen Mulang 2024

, PURUK CAHU – 273 total kontingen dari Kabupaten dilepas oleh Pj Bupati Murung Raya Hermon berangkat menuju Kota Palangkaraya untuk bertanding dan berkompetisi melawan 12 Kabupaten dan 1 Kota se – Kalimantan Tengah pada yang dimulai tanggal 18 sampai 23 Mei 2024 ini. Pelepasan berlangsung di halaman kantor Bupati, Kamis (16/5/2024) pagi.

Dalam laporan ketua panitia Ferdinand Wijaya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Murung Raya peserta dari Kabupaten Murung Raya mengikuti lomba karnaval budaya, tari tradisional/pedalaman, lagu daerah, perahu hias, sepak sawut, manetek, maneweng dan manyila kayu, panginan sukup simpan (makanan tradisional).

Serta mangenta, malamang, dayung tradisional putra/putri, besei kambe putra/putri, balogo putra/putri, bagasing putra/putri, mangaruhi, /manyumpit putra/putri, mangarungut putra/putri, lawang sakepeng (),jagau dan bawi nyai pariwisata, videografi, dan fotografi.

“Dari semua lomba di festival budaya suku ini hanya satu yang tidak kita ikuti yaitu tari pesisir,” ujar Ferdinand Wijaya.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon berpesan kepada para peserta agar membawa semangat tira tangka balang yang berarti maju terus pantang mundur.

“Junjung tinggi rasa tanggungjawab dalam berjuang agar memperoleh prestasi terbaik karena apabila tidak mengindahkan hal tersebut maka akan memberi peluang bagi kontingen lain merebut juara umum yang kita pegang saat ini,” tegas Hermon.

Selain itu kepada para pelatih, pendamping dan koordinator Hermon berharap mereka terus memberi pembinaan dan motivasi untuk para peserta di setiap agenda perlombaan yang sudah dijadwalkan.

Turut hadir pelepasan ini Kapolres Murung Raya AKBP Irwansyah, Dandim 10/13 Letkol Inf Agus Salim Tuo, dari Kejaksaan Negeri, dan sejumlah Kepala OPD pendamping peserta yang berangkat. ()