Pemkab Mura Edukasi Catin dengan Aplikasi Elsimil untuk Tekan Kasus Stunting

, PURUK CAHU – Untuk menekan kasus , Pemerintah Kabupaten mengedukasi Calon Pengantin (Catin) agar memiliki kesadaran penuh untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas pelayanan .

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) yang dirancang khusus sebagai alat pemantau kesehatan dan edukasi seputar kesiapan nikah dan program hamil bagi Catin.

Secara simbolis Pj Bupati Murung Raya Hermon menyerahkan sertifikat Elsimil atau aplikasi Elektronik kepada calon pengantin (Catin) disela kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting di Kabupaten Murung Raya yang berlangsung di aula kantor TP PKK Murung Raya, Senin (10/6/2024).

Dimana Catin harus mengisi Elsimil supaya diketahui kesiapan dari pada calon pengantin yang screening melalui Elsimil.

“Tujuannya untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi yang akan dilahirkan dengan melihat kondisi kesehatan Catin sebagai upaya preventif mencegah stunting,” kata Hermon

Hermon menjelaskan lagi, permasalahan stunting menjadi penghambat terbesar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, karena tidak hanya merugikan dari segi kesehatan tapi juga dari sisi produktivitas dan .

“Stunting dapat mengindikasikan bahwa masih adanya permasalahan dalam manajemen penyelenggaraan pelayanan dasar khususnya bidang kesehatan, sehingga fungsi pelayanan untuk mencegah dan menurunkan prevalensi stunting secara luas belum tersedia dalam skala dan kualitas yang memadai,” bebernya.

Gerakan pengukuran dan Intervensi Serentak ini dilaksanakan selama bulan Juni 2024 dan akan dievaluasi dan didiseminasikan hasilnya pada bulan Juli 2024.

“Jadi semua pihak termasuk ibu-Ibu PKK ayo sama-sama kita informasikan, kita gerakkan agar semua balita, dan calon pengantin untuk hadir pada posyandu,” ajaknya. ()