Dinas Kominfo Mura Ikuti Bimtek Jarkom ‘Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan

, – Dinas, Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Mura melalui Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi (PIKP) Humas Pemda secara online via zoom meeting mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) bertema “Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan”.

Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP ) menggelar kegiatan tersebut sdi Puncak Waringin Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur 11-13 Juni 2024. Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari Dinas Kominfo provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia. Peserta hadir secara offline & online.

Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Nursodik Gunarjo dalam kegiatan itu menyampaikan peran & fungsi pengelolaan baik di pusat maupun daerah semakin penting, sehingga menuntut pengelola media center/ wesite pemerintah mengambil peran & tanggungjawab menyebarkan sebanyak-banyaknya informasi maupun konten positif yang ada di daerahnya.

“Mengelola media center harus bisa membuat informasi yang mencerdaskan, mencerahkan, menginspirasi dan membangun semangat , serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah,” kata Gunarjo saat membuka Bimtek, Rabu (12/6/2024).

la mengatakan, pengelola media center adalah ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja Pemerintah dalam bentuk berita, hingga sebagai corong atau sumber informasi, dituntut punya keahlian dan kompetensi dalam pelayanan dan pengelolaan informasi.

Sementara itu, Kepala Bidang PIKP , Hendry Januardy mengatakan, staf PIKP yang mengikuti pelatihan yakni Marisa Montesore, Pranata Komputer, Nofriandy Imanuel, Analis Kebijakan, Evi Rusiana, Pranata Komputer dan Helmita.

la berharap bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan pengelola media Pemerintah khususnya dalam fungsi government public relation, untuk merawat Indonesia dengan berita yang mencerahkan dan mencerdaskan.

“Terkait kegiatan tersebut kita berharap dapat menambah wawasan. Kegiatan ini untuk juga untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang jurnalistik, khususnya berita,” kata Hendry saat dihubungi melalui pesan . ()