Workshop Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Desa di Kabupaten Murung Raya

BALANGANEWS,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang, Selasa (17/9/2024).

Mewakili Penjabat (PJ) Bupati Murung Raya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lynda Kristiane Perdie secara resmi membuka Workshop tersebut.

“Tujuan diadakannya Workshop ini untuk memperkuat penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa di Kabupaten Murung Raya tahun 2024,”kata Lynda Kristiane Perdie dalam sambutannya.

Lanjutnya menyampaikan bahwa sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. desa telah melalui proses yang panjang untuk memahami tugas, fungsi, serta kedudukannya dalam mewujudkan pemerintahan yang berkualitas di tingkat desa yang didukung oleh Dana Desa () dan Alokasi Dana Desa ().

“Kini dituntut untuk bekerja secara profesional guna mencapai masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” tuturnya.

Bahkan Lynda juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam workshop ini, agar seluruh tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik, sehingga nantinya akan tercipta dokumen perencanaan yang berkualitas.

Ia juga memberikan arahan kepada terkait, seperti Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Pemerintah Kecamatan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan kegiatan ini di tingkat desa.

“Melalui workshop saya harapkan mampu meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan desa di Murung Raya, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di wilayah desa-desa,” tutupnya. ()